Hai moms, kali ini aku mau bahas tentang "play and learn" ya, jadi singkat cerita, aku tuh awalnya pengen banget masukin Gya ke sekolah untuk anak umur 2 tahun, semacam sekolah play and learn atau montessori gitu. Tujuan nya supaya keseharian nya Gya itu ada aktivitas bermakna yang menyenangkan tapi juga bisa meningkatkan motorik skill, kecerdasan emosi, dll. Nah setelah aku minta brosurnya ternyata eh ternyata harga nya LUMAYAN ya, hahaha aku mikir padahal sekolah bermain dan belajar aja tapi kok mahal jg ya buat aku. So, aku berniat Gya play and learn di rumah aja sama aku.



Setelah aku baca-baca, emang aktivitas bermain dan belajar anak seumuran Gya ini bisa banget dilakukan di rumah, semacam montessori di rumah gitu. Banyak banget aktivitas dan ide bermain yang bisa kita tiru di rumah. Pengalamanku gini ya moms :

1). umur Gya 12 bulan, aku mulai perkenalkan Gya dengan buku-buku. Gya itu belum tertarik dibacain cerita, dia lebih tertarik melihat gambar-gambar hewan dsb. Awalnya Gya cuma senang lihat-lihat gambarnya aja, tapi lama lama karena sering aku ajarin juga ya finally dia hapal dong nama-nama hewan, buah dan benda benda sekitar di usia 15 bulan. Aku sebenernya ga expect Gya sampe hapal sih, aku cuma pengen supaya dia tau dan kosa katanya makin banyak, tapi ketika dia hapal ya seneng bangeeeetttt hehehe. Selain diperkenalkan nama hewan, benda, buah, diumur 12 bulan juga kita bisa perkenalkan anggota keluarga ya mom (jadi engga cuma tau mama papa aja), terus jangan lupa perkenalkan diri dia juga misal di cermin atau kita taruh foto dia dan kita bilang bahwa itu adalah dia. :))

2) Umur Gya 18 bulan keatas, sudah bisa diperkenalkan lebih banyak aktivitas atau permainan yang bisa menunjang kreativitas dan kecerdasan nya ya mom, diantaranya : belajar corat coret (ini aku fasilitasi dengan crayon dan kertas/buku gambar. kenapa pakai crayon?karena pengalaman pakai spidol malah corat coret ga karuan ke lantai ke kaki ke tangan dan susah hilang dong), bermain dan belajar transfering (memindahkan sesuatu, bisa media pasir, beras, kacang dll), bermain dan belajar tidy up (membereskan mainan nya), bermain mengenal warna (bisa menggunakan kancing warna warni, puzzle, atau bola warna warni), bermain menempelkan stiker, bermain alat musik yang bisa dipukul-pukul, bermain memasukan benda kedalam wadah, bermain pasir, bermain air, dan masih banyaaaaak banget ya moms aktivitas yang bisa dilakukan di rumah.
 
Kalau moms mencari referensi ide bermain dan sensory play banyak banget ya sebenernya bisa kita lihat dari buku atau googling atau bisa juga cek instagram aku di @vikaprasetia, disitu ada beberapa video Gya play and Learn di rumah bersamaku, hehehe. oh iya moms walaupun banyak banget aktivitas play and learn yang bisa kita lakukan bersama si kecil di rumah, tapi inget ya kita harus lakukan itu dengan senang hati, jangan dengan pressure, artinya gini ya misal kita bermain mengenal nama-nama hewan nah kita itu ga usah terlalu expect banget anak kita langsung hapal, tapi anggap aja itu bermain. Karena dunia anak adalah dunia bermain :)


Jadi, Mommies yang sekira nya tidak punya budget untuk sekolah play and learn atau merasa mahal untuk sekolah macam montessori dsb bisa murah kok dengan ajak si kecil untuk play and learn di rumah, cukup fasilitasi dan temani bermain. Sesekali ajak bermain di luar atau di playground. Okedeh sekian ya sharingnya, selamat Play and Learn bersama si kecil moms :)