Sudah Mulai Bisa Bicara

Jangan kaget Moms kalau di usia menjelang 2 tahun, si kecil sudah mulai bisa bicara. Papa atau mama mungkin kata pertama yang mungkin keluar dari mulutnya. Namun tidak menutup kemungkinan anak mulai bisa menggabungkan beberapa kata menjadi kalimat. Meskipun masih belum jelas, anak akan mulai bisa mengungkapkan apa yang ia inginkan dengan berbicara. Paling tidak ia sudah bisa mengungkapkan bahwa ia ingin makan, ingin ke toilet, atau ingin mainan. 

Pada tahapan ini Moms harus turut aktif mengajaknya berbicara dan mengenalkannya pada kosakata baru. Apapun yang si kecil tunjuk, Moms bisa sebutkan apa kosakata yang tepat. Dengan begitu si kecil juga akan banyak belajar. Pun Moms juga bisa mengajari si kecil dengan memperkenalkan nama anggota keluarga atau menjelaskan bagian-bagian tubuh untuk memperkaya kosakatanya. 

Sudah Mulai Bisa Bicara
source: https://img.webmd.com

Perkembangan Motorik yang Pesat

Menjelang usia 2 tahun, kemampuan motorik anak juga berkembang pesat. Keseimbangan si kecil sudah jauh lebih baik sehingga tak heran ia sudah bisa berjalan bahkan berlari tanpa bantuanmu. Masa-masa ini pula merupakan waktu anak belajar lebih cepat melalui apa yang ia lihat. Jika ia sering melihatmu mengambil handphone atau membaca buku, tak menutup kemunginan ia akan meniru apa yang kamu lakukan. Ia akan mulai penasaran dengan segala sesuatu yang kamu lakukan dan berusaha menirunya, lho Moms. Sampai-sampai saat kamu naik atau turun tangga pun ia akan ikut. Wah, kalau soal satu ini Moms harus mengawasi dengan ketat, ya supaya anak tidak terluka. Nah pada usia ini pula Moms sudah bisa pelan-pelan mengajarkan toilet training. 

Perkembangan Motorik yang Pesat
source: https://www.eggdonationfriends.com
baca juga

Pertumbuhan Fisik (Tinggi Badan dan Gigi)

Jangan heran kalau si kecil mulai suka menggigit sesuatu atau menangis tiba-tiba karena demam. Bisa jadi giginya mulai tumbuh, Moms. Jumlah gigi yang tumbuh bervariasi, setiap anak berbeda-beda. Dan pada masa ini pula anak akan bertambah tinggi dan terlihat lebih ramping karena pertumbuhan badannya. 

Pertumbuhan Fisik (Tinggi Badan dan Gigi)
source: https://www.todaysparent.com/

Mulai Memasuki Masa Tantrum

Nah, inilah tahapan perkembangan anak yang paling menguras energi dan emosi Moms, masa tantrum. Temper tantrum adalah kondisi emosi yang meledak-ledak bahkan ia bisa menangis, menjerit, menendang, mengigit, bahkan melempar barang. Tapi tenang Moms, ini bukan berarti anak kamu mengalami gangguan kejiwaan. Ini fase normal di mana anak belajar mengungkapkan sesuatu namun justru hal ini membuatnya frustasi, anak sedang berusaha dan belajar bagaimana mengontrol emosinya. Biasanya tantrum muncil ketika si kecil sedang merasa letih, lapar, tidak nyaman, atau tidak mendapatkan barang yang ia inginkan. Meski ini hal yang umum terjadi, kamu tidak boleh mendiamkan anak dalam kondisi tantrum begitu saja. Kamu harus menenangkannya dan mengajarinya batasan-batasan. 

Mulai Memasuki Masa Tantrum
source: https://assets.babycenter.com