Menjaga Kebersihan Payudara

Kamu harus selalu mengutamakan kebersihan payudaramu baik sebelum dan sesudah menyusui. Membersihkan payudara ngga susah kok, Ladies. Setiap mandi, bersihkan payudara dengan handuk kecil yang telah direndam air hangat. Hindari membilas payudara dan puting dengan busa sabun karena akan membuat permukaannya kering. Membersihkan dengan alkohol dan mengolesi payudara dengan lotion sama sekali tidak diperbolehkan. Sehabis menyusui, kamu juga harus pastikan tidak ada sisa-sisa ASI yang menempel di sekitar payudara.

source: http://healthy-joints.net/injuries-and-recovery/contrast-showers-for-joint-pain-relief/


 

Pakai Bra Khusus Ibu Menyusui

Pilihan bra yang tepat akan sangat membantumu. Sekarang sudah banyak tersedia berbagai varian bra menyusui. Pilih yang membuatmu nyaman dan tidak terlalu ketat. Karena bra terlalu ketat akan menekan payudara dan menghambat alir darah dan produksi ASI.

source: https://magnifiquelingerie.com/2016/10/guide-maternity-nursing-bras/


 

baca juga

Lakukan Pijatan Pada Payudara

Memijat payudara secara rutin dapat mendeteksi benjolan akibat penumpukan dan pengendapan ASI yang berlebihan dalam kantung payudara lho. Selain itu, dapat melancarkan aliran darah di sekitar payudara. Pijatan bisa kamu lakukan dengan 2 jari, jari telunjuk dan jari tengah yang saling menempel. Lalu gerakkan jari sambil memutar dan tekan sedikit mengelilingi payudara.
 
 

source: http://www.vanamburgsurgery.com/breast-care-lumps/

 

Cuci Tangan Sebelum dan Setelah Menyusui

Sebaiknya cuci tanganmu sebelum dan sesudah menyusui bayi. Dengan mencuci tangan, maka bisa mencegah penularan bakteri dan kuman yang menimbulkan infeksi pada payudara. Selain itu, kamu bisa menjaga buah hatimu tertular penyakit.

source: https://www.shutterstock.com/video/clip-4652714-stock-footage-hands-of-a-young-adult-woman-washing-with-water-closeup-view-of-beautiful-hands-being-washed-in.html


 

baca juga

Merawat Puting yang Luka

Pada awal menyusui mungkin kamu akan mengalami luka pada puting. Nah, agar kamu bisa tetap menyusui maka rawatlah dengan baik. Sehabis menyusui, biarkan puting terkena udara bebas dan hindari terkena gesekan baju. Sering-seringlah mengganti breast pad, karena kalau breast pad dalam keadaan lembap terlalu lama, maka bisa membuat bakteri bersarang pada puting yang terluka. Merawat puting yang luka juga bisa dengan ASI lho. Oleskan ASI pada puting, lalu keringkan.

source: https://www.youtube.com/watch?v=ZcRBhxMaqtI