Optimalkan Pekerjaan


Tidak dapat dipungkiri, menjalani bahtera rumah tangga seorang diri tetap memiliki pasangan tetap membutuhkan pemasukan. Memiliki pengaturan sistem keuangan atau finansial yang baik adalah hal penting bagi seorang single parent. Kamu harus dapat memikirkan kesempatan pekerjaan yang paling efisien dan optimal untuk mejadi sarana kamu mencari nafkah. Tapi, pertimbangkan waktu yang tersita mengingat ada tanggung jawab besar lain di rumah.
 

Optimalkan Pekerjaan
source: http://willingness.com.mt/


 

Prioritaskan Anak


Meskipun pekerjaan adalah hal yang krusial, kondisi anak tetap harus masuk dalam prioritas kamu. Sempatkan waktu untuk berbincang dengan anak saat pagi sebelum berangkat kantor atau saat pulang. Berikan satu hari full di akhir pekan untuk anak, misalnya untuk berjalan-jalan atau sekadar menghabiskan waktu di rumah bersama menonton film atau memasak. Jangan biarkan anakmu sibuk sendiri tanpa mendapatkan sedikit perhatian darimu.
 

Prioritaskan Anak
source: https://mom.me/


 

baca juga

Sadari Kekurangan


Menjadi seorang single parent memang harus memiliki mental dan jiwa dan kuat. Tapi bukan berarti kamu harus mengelak dari segala kekurangan yang kamu miliki. Embracing weaknesses adalah hal yang menjadi kunci awal menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bergabung dengan komunitas single parent untuk mendapatkan masukan adalah hal yang sangat bermanfaat. Kamu juga dapat meminta bantuan dari kerabat untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi.
 

Sadari Kekurangan
source: https://www.guideposts.org/


 

Minimalisir Kecemasan


Sebagai orang tua tunggal, kamu pasti memiliki banyak kecemasan, khususnya untuk kondisi buah hatimu di masa depan. Akan tetapi, sadarilah bahwa itu hanyalah kecemasan yang muncul dari pikiran dan prasangkamu. Kamu dapat mengatasinya dengan mulai mengubah mindset diri menjadi lebih positif. Jika anak sudah cukup besar, ajaklah mereka untuk mengkomunikasikan kondisimu dan mintalah mereka untuk menceritakan apa yang mereka rasakan. Sikap terbuka antara ibu dan anak ini akan sangat membantu kamu untuk menjadi lebih tenang dan fokus dalam menjalani tanggung jawab sebagai single parent. 
 

Minimalisir Kecemasan
source: https://www.everydayfamily.com/