Pahami Alasan Si Kecil Rewel dan Menangis

Ketika emosi Si Kecil meledak-ledak, coba cari tahu apa yang membuatnya seperti itu. Ada beberapa alasan kenapa ia rewel dan cengeng seperti merasa tidak nyaman, sakit, lapar dan haus, menginginkan sesuatu dan sekedar cari perhatian. Nah, buah hatimu sedang merasakan yang mana. Cari tahu dengan bertanya kepadanya. Kalau kamu tahu alasannya, maka akan lebih mudah menenangkannya.

source: http://www.ohbaby.co.nz/under-5/parenting-toddlers/toddler-tantrums/


 

Hadapi dengan Sabar dan Tenang

Sudah tahu alasan Si Kecil rewel dan menangis, Ladies? Kalau ternyata rewelnya belum berhenti juga, maka di sini kesabaranmu diuji. Hadapi Si Kecil dengan pikiran dan perasaan tenang. Jangan malah membentak dan memarahinya, karena bisa membuatnya emosinya makin menjadi-jadi. Oh ya, perhatikan juga cara bicaramu. Gunakan kata-kata positif dan hindari penggunaan kata ‘tidak’ dan ‘jangan’ untuk sementara waktu. Jangan lupa pakai ketegasan dalam nada bicaramu.
 

source: http://myflourishmagazine.com/tantrum-free-shopping-with-your-kids/

 
baca juga

Alihkan Perhatiannya

Nah, selanjutnya alihkan perhatian Si Kecil ke hal lain. Misalnya, ketika ia rewel karena tidak dibelikan es krim, alihkan saja dengan mengajaknya melakukan sesuatu yang disukainya, seperti bermain bersama, berjalan-jalan ke taman, menonton film dan lain-lain. Dengan mengalihkan perhatiannya maka Si Kecil akan melupakan alasan yang membuat emosinya meledak-ledak untuk sementara waktu.
 

source: https://www.consumeraffairs.com/news/why-children-need-to-play-with-their-parents-012716.html


 

Peluk dengan Penuh Kasih Sayang

Pelukan bisa menenangkan Si Kecil lho. So, ketika ia rewel terutama di tempat ramai, segera rangkul Si Kecil ke dalam dekapanmu. Bawa ke tempat yang sepi, dan tenangkan di sana. Lalu ajak Si Kecil bernegoisasi agar dapat kembali ke tempat semula dan melanjutkan aktivitasnya lagi.

source: http://www.parents.com/toddlers-preschoolers/discipline/tantrum/tame-your-kids-tantrums/


 

baca juga

Contek Cara Unik Drew Barrymore Mengatasi Anaknya yang Rewel

Selain mengajak Si Kecil bernegoisasi, kamu juga bisa bersikap cuek seperti yang dilakukan hot mom, Drew Barrymore ini. Saat berlibur ke Disney World, putrinya Olive menangis dan berguling-guling karena tidak dibolehkan menangkap burung. Tahu tidak bagaimana reaksi Drew? Ia malah mengabadikan momen itu dengan berselfie ria di dekat putrinya. Haha! Katanya sih, ada waktu-waktu di mana aktris 50 First Dates itu menghadapi anaknya dengan lembut dan penuh cinta, dan ada pula di mana ia menjadi sangat tegas. Hmm, boleh dicontek nih Ladies!

source: http://www.today.com/parents/drew-barrymore-turns-daughter-s-disney-tantrums-photo-op-t108051