Punya berat badan ideal adalah cita-cita setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Seperti yang mommies tahu nih, banyak cara untuk menurunkan berat badan, cara paling dianjurkan adalah dengan olahraga. Selain olahraga, mommies bisa bantu dengan konsumsi kayu manis, loh. 


source : google.com

Kenapa kayu manis bantu menurunkan berat badan? Karena kayu manis melancarkan metabolisme tubuh, dengan cara membatasi peningkatan gula dalam darah, dan mengontrol lonjakan insulin, yang berefek pada turunnya berat badan. Nah, ternyata kayu manis tidak bekerja sendiri, ada peran madu dalam membuat ramuan teh kayu manis untuk bantu turunkan berat badan. 


source : google.com

Seperti dikutip JawaPos.com, Selasa (7/2/2017) Manfaat madu dalam ramuan kayumanis adalah untuk memobilisasi lemak dan juga menyediakan energi untuk tubuh setelah lemak dibakar.
Berikut resep ramuan teh kayu manis :

-250ml air, rebus sampai mendidih,
-Masukan 1 batang kecil kayu manis
-Matikan api, pindahkan ke dalam cangkir the, turunkan suhu hingga hangat kuku
-Tambahkan ½ sendok makan madu alami dan aduk sampai rata

Teh tersebut dapat di minum setiap hari, maximal 3x dalam sehari. sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena kayu manis dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang bisa berisiko keguguran dan bayi lahir prematur.


source : merdeka.com

Kayumanis yang juga dikenal sebagai bumbu dapur dan memberi karakter rasa pada beberapa resep kue ini, ternyata punya fungsi lain yang tidak kalah penting, yaitu :


source : google.com

1. Membantu mengobati, menghilangkan jerawat serta menghaluskan kulit dengan bubuk kayumanis dan madu yang dibuat masker wajah.
 
2. Menghilangkan bau mulut dengan dijadikan obat kumur. Caranya rebus 250ml air, masukan 1 batang kayu manis seukuran kuku, dinginkan, lalu campur dengan madu dan air perasan 2 buah lemon.
 
3. Membersihkan saluran usus. Kayu manis diteliti dapat menurunkan kadar asam lambung dan pepsin di dalam usus. Hal tersebut dapat membantu aliran darah di dinding perut, yang dapat meningkatkan kesehatan lambung dan usus.


source : google.com
 

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengingkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh
 
5. Bantu meredakan stress  dan Mengatur siklus hormonal wanita. Seperti dikutip metrotvnews.com, Senin (3/4/2017) Dalam sebuah studi yang dilakukan peneliti di Columbia University, kayu manis dapat meningkatkan keteraturan haid pada wanita dengan sindrom polikistik ovarium atau PCOS.

Bagaimana mommies? Dari info di atas, mommies berminat untuk mencoba? Jangan lupa seimbangkan dengan olahraga rutin, konsumsi makanan yang memenuhi aktivitas dan gizi harian mommies. Semoga bermanfaat dan berkhasiat, ya!