1. Tengkurap (3 - 4 Bulan)

Setelah lahir, tahapan perkembangan awal akan dimulai dari kemampuan bayi mengubah posisi tidur dari telentang menjadi tengkurap. Sebelum mampu tengkurap, bayi biasanya akan mulai gesit bergerak ke kiri dan ke kanan memiringkan badannya. Setelah itu, barulah ia akan mulai menggulingkan badan menjadi tengkurap. 
 

Moms, Ini Dia Tahapan Perkembangan Anak Hingga Bisa Berjalan
source: http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com/


 


2. Mengangkat kepala (4-5 Bulan)

Sebenarnya, kemampuan ini dimulai sejak bayi berusia 2 bulan. Ia akan mampu untuk mengendalikan gerakan kepalanya dengan cara memiringkan kepala atau menengok. Kemudian, setelah ia mulai bisa tengkurap, ia perlahan akan belajar untuk mengangkat kepala sedikit demi sedikit dengan bertopang pada kedua tangannya. 
 

Moms, Ini Dia Tahapan Perkembangan Anak Hingga Bisa Berjalan
source: https://www.merries.co.id/


 

baca juga


3. Duduk (6-7 Bulan)

Setelah dapat tangannya mulai seimbang untuk mengangkat tubuhnya dan tulang punggung juga semakin kuat, bayi akan mulai untuk duduk. Biasanya dimulai sejak usianya memasuki 5 bulan, akan tetapi duduk bayi masih perlu diawasi dan didampingi. Seiring berjalannya waktu, ia akan dapat dengan sigap duduk. Selain itu, bayi juga telah mengoptimalkan kemampuan untuk menggenggam. Periode usia 6 bulan inilah yang biasanya menjadi saat bayi untuk mulai MP ASI. Salah satu metode yang ramai dibicarakan adalah metode baby led weaning dengan membiarkan bayi duduk dan memilih makanan sendiri karena di usia 6 bulan ia sudah mampu duduk seimbang dan menggenggam dengan baik.
 

Moms, Ini Dia Tahapan Perkembangan Anak Hingga Bisa Berjalan
source: https://www.tesco-baby.com/


 


4. Merangkak (7-10 Bulan)

Setelah mampu tengkurap dan duduk, anak akan mulai termotivasi untuk bergerak dan mengeksplorasi benda-benda sekitar. Untuk menjangkaunya, anak akan dengan sendirinya belajar untuk mendekatinya dengan cara merangkak. Kemampuan merangkak dapat dikuasai jika ia sudah memiliki keseimbangan tangan dan kekuatan lutut. Dengan merangkak, bayi akan melatih otot-ototnya dengan lebih maksimal. Gerakan kaki dan tangan juga akan menstimulasi kerja otak untuk dapat lebih berkembang. kemudian belajar maju mundur mendorong tubuhnya dengan mendorong lututnya. 
 

Moms, Ini Dia Tahapan Perkembangan Anak Hingga Bisa Berjalan
source: http://www.helenmirrenarchives.org/


 

baca juga


9. Berjalan (10-12 Bulan)

Memasuki usia 10 bulan, bayi akan lebih aktif lagi dan mulai mencontoh orang-orang sekitarnya yang berjalan. Di awal usia 9 bulan biasanya bayi akan bertahap berusaha mengangkat tubuhnya ke posisi berdiri. Kemudian ia akan mulai berjalan dengan bertumpu pada benda-benda di sekitarnya. Sebagai orang tua, kamu dapat memfasilitasinya dengan menuntunnya berjalan. Membiasakannya untuk melatih otot kaki akan membuat anak lebih cepat berjalan. 
 

Moms, Ini Dia Tahapan Perkembangan Anak Hingga Bisa Berjalan
source: http://www.pregnancyrelated.com/


Nah, itulah ulasan singkat mengenai tahapan proses perkembangan bayi di usia 0-1 tahun. Tapi ingat, setiap anak memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda satu sama lain. Sebagai orang tua, kamu hanya perlu untuk mengoptimalkan dengan memberikan stimulasi.