1) Garam dan Penyedap Rasa


Saat membuat menu MPASI untuk buah hati kesayanganmu, kamu tidak perlu menambahkan garam dan penyedap rasa ya, ladies. Kenapa?  karena asupan yang mengandum natrium belum bisa diterima dengan baik oleh ginjalnya. Tunggu sampai usia Si Kecil di atas 1 tahun baru bisa diberikan. Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan penyedap alami seperti kaldu ayam yang bisa dibikin sendiri.
 

source: http://www.thealternativedaily.com/7-reasons-drink-warm-salt-water-every-morning/


 

2) Makanan Pencetus Alergi


Sebenarnya memberikan makanan yang bisa menimbulkan alergi kepada bayi masih menjadi pro dan kontra di antara ahli kesehatan anak. Ada yang bilang, boleh diperkenalkan sejak kecil untuk melatih sistem imunnya, ada pulang yang tidak setuju dengan hal itu. Nah, kalau kamu khawatir, sebaiknya hindari makanan yang berisiko menimbulkan alergi kepada buah hatimu. Makanan itu seperti kacang-kacangan, udang, lobster, kepiting dan kerang.
 

source: http://www.meso.hr/fresh-seafood-consumption-determinants-and-inventory-satisfaction/


 

baca juga

3) Makanan dengan Pemanis Buatan


Sama halnya dengan garam, kamu tidak perlu memberikan gula dan makanan dengan pemanis buatan yang lain untuk bayimu. Selain tidak sehat, tubuh bayi memang belum terlalu membutuhkannya. Untuk mengenalkan rasa manis, lebih baik sumbernya dari buah-buahan yang bisa kamu berikan saat usianya menginjak 8 bulan.

source: http://www.newyorker.com/culture/culture-desk/how-much-harm-can-sugar-do


 

4) Madu


Biarpun madu punya khasiat yang bagus untuk tubuh, tapi madu tidak dianjurkan diberikan kepada bayi lho. Berkaca dari beberapa pengalaman orangtua, ternyata madu dapat menyebabkan botulisme atau keracunan pada bayi. Di dalam madu terdapat spora dari bakteri Clostridium botulinum yang jika dicerna akan melepaskan toksin dan menyebabkan botulisme.

source: http://www.lifehack.org/304939/this-what-will-happen-when-you-start-drinking-honey-water-every-day


 

baca juga

5) Makanan yang Berisiko Membuat Bayi Tersedak


Ladies, hindari memberikan bayi makanan pada seperti biji-bijian, kacang-kacangan, popcorn, permen dan sejenisnya, karena jenis makanan itu berisiko membuat bayi tersedak. Sebaiknya, di awal MPASI berikan makanan dalam bentuk puree atau ditumbuk maupun diblender. Saat masuk tahap makan sendiri, berikan finger food yang dipotong memanjang. Jangan lupa awasi Si Kecil saat ia mulai makan sendiri ya.

source: https://pixabay.com/en/photos/popcorn/

Semoga informasi ini membantumu ya, Ladies!