Langkah pertama : Menemukan Waktu Tidur Alami Bayi Anda

Beberapa hari sebelum metode fading dimulai, kamu harus mencatat kebiasaan tidur si kecil. Ada dua cara yang bisa Moms lakukan, yaitu :Perhatikan kapan saja si kecil mengantuk dan apa saja yang ia lakukan untuk menunjukan bahwa si kecil mengantuk sampai bagaimana ia bisa tidur.

Setelah Moms tahu kapan bayi mengantuk dan tidur maka alarm tidur sudah mulai kita buat. Jangan lupa gunakan catatan tertulis yang rapi ya Moms. Informasi ini sangat penting bagi kita untuk membantunya menemukan waktu tidur alamiah anak kita.

Cara lain adalah "response cost". Kamu memberikan stimulus ke si kecil sebelum ia tidur, Letakan si kecil di tempat tidur ketika ia menunjukan tanda-tanda mengantuk atau waktu-waktu tidur.  Lalu tunggu si kecil sampai dengan 15 menit, jika ia belum tertidur maka berikan ia waktu tambahan 30 sd 60 menit untuk bermain ditempat tidurnya sampai ia jatuh tidur. Lakukan itu berulang-ulang sampai kamu menemukan waktu alamiah si kecil tidur ditandai dengan semakin cepatnya si kecil tidur jika ia diletakan di tempat tidur. 

source: https://www.todaysparent.com

Langkah Dua : Melakukan Ritual Sebelum Tidur

Moms, banyak cara untuk mempersiapkan bayi sebelum tidur ya? Nah, ternyata ritual tidur ini harus dilakukan secara konsisten paling tidak dua hari. Pelaksanaan ritual tidur yang konsisten dapat membantu anak untuk menemukan ketenangan sebelum tidur.

Untuk memulainya, ritual tidur sebaiknya dilaksanakan pada malam hari sehingga anak mengenali saat itu adalah saat ia harus mengakhiri hari. Biasanya ritual tidur yang bisa dilakukan adalah : mencuci tangan kaki atau membersihkan badan dengan air hangat, sikat gigi atau membersihkan gigi bayi, mengganti baju si kecil dengan piyama atau baju tidur bersih, merapikan tempat tidur, bercerita, dan berdoa. 

source: http://cdn.sheknows.com
baca juga

Langkah Tiga : Mundur Secara Perlahan Sebelum Anak Tidur

Moms, langkah terakhir adalah saatnya kamu mengurangi peran untuk menemani anak tidur. Jika dua langkah sebelumnya kuta menemaninya ketika anak siap-siap tidur. Langkah berikutnya adalah meninggalkan anak secara perlahan sampai ia terlelap.

Caranya adalah dengan memberikan waktu lebih lama sebelum waktu tidur tiba. Jika anak Moms membutuhkan 15 menit untuk persiapan tidur, maka kamu harus mempersiapkan 15 menit lebih awal untuk mempersiapkan anak menjelang waktu persiapan tidur sehingga total waktu yang dibutuhkan adalah 30 menit, lalu pelan-pelan mundur 15 menit sebelum waktu tidur anak. Lakukan ini setidaknya selama dua hari sehingga mungkin kamu akan menyelesaikan metode fading ini dalam satu minggu. Lama sih Moms, tapi sepadan kok dengan hasil yang diharapkan.


 

source: https://redtricom.files.wordpress.com


Moms, ketika kebiasaan tidur anak sudah mulai terbentuk, bisa saja Anak mengulangnya lagi ke kebiasaan awal sebelum metode fading ini dimulai. Maka, kita harus konsisten melakukannya dari awal lagi secara lebih pelan.Mungkin anak membutuhkan waktu lebih lama untuk menerima kebiasaan baru ini. Ketika anak menangis karena kebiasaanya di ubah, maka biarkan ia menangis beberapa saat, tapi ingat ya Moms, anak harus terpenuhi segala kebutuhannya sebelum ia tidur dan mungkin akan menangis.

Selamat belajar Moms, jika sudah berhasil, Moms tentu akan merasakan manfaatnya juga.