Dokter Anak

Dokter anak adalah dokter medis yang paling umum, merawat anak sejak usia kecil hingga remaja. Kamu mungkin mengunjungi dokter anak saat anak sakit saja. Tapi dokter anak juga memiliki informasi mengenai tumbuh kembang anak saat terjadi hal0hal yang janggap pada kesehatan anak. Evaluasi ini termasuk penyaringan data tentang pendengaran, penglihatan, dan pertumbuhan termasuk sejauh mana anak Moms dapat belajar. 

 

Dokter Gigi Khusus Anak

Moms, anak yang masih bertumbuh kerap memiliki masalah pada giginya. Mulai dari pertumbuhan gigi yang membuat anak rewel hingga demam, sampai gigi berlubang sekalipun. Dokter akan memastikan kondisi gigi anak sehingga kelak anak bisa terbebas dari masalah gigi ketika ia sudah dewasa nanti.

baca juga

Dokter Tumbuh Kembang Anak

Dokter tumbuh kembang anak memiliki pelatihan dan pengalaman khusus dalam mengevaluasi dan mengobati masalah perkembangan, pembelajaran, dan kesehatan mental. Mereka memberikan perhatian kepada perkembangan dan pertumbuhan anak secara keseluruhan.  Mereka mengevaluasi penglihatan, pendengaran, keterampilan motorik, perkembangan bahasa, kemajuan akademik dan parameter tumbuh kembang lain. Mereka juga memenuhi syarat untuk memberi resep obat untuk gangguan seperti ADHD (hyperactive).

Psikater Anak

Psikiater adalah dokter  yang mengkhususkan diri untuk mendiagnosis dan mengobati gangguan mental, emosional dan perilaku. Beberapa psikater merawat anak-anak maupun dewasa. 
Psikiater anak dan remaja memiliki pelatihan khusus mengenai gangguan kesehatan mental dan perkembangan pada anak-anak dan remaja. Spesialis ini memenuhi syarat untuk mendiagnosa kondisi mental anak, memberikan resep obat, dan memberikan psikoterapi. Psikater juga dapat menangangi maslaah depresi dan kecemasan yang timbul sebagai akibat gangguan tumbuh kembang.

baca juga

Ahli Neurologi Anak

Neurologists mengevaluasi dan mengobati gangguan sistem saraf dan otak. Beberapa ahli saraf anak-anak memiliki pelatihan yang membuat mereka memenuhi syarat untuk bekerja dengan anak-anak yang memiliki gangguan perkembangan saraf termasuk untuk anak dengan gangguan tumbuh kembang atau berkebutuhan khusus.

Praktisi Perawat Psikiatri Pediatrik atau Terapis

Terapis adalah bagian dari tim medis baik dokter maupun psikater untuk mengatasi gangguan tumbuh kembang anak. Mereka sering dilibatkan dalam tindak lanjut pengobatan dan pemantauan. Terapis ini bisa berbagai macam Moms, mulai dari terapis wicara, okupasi, dan lain sebagainya. Moms biasanya akan mendapatkan jadwal untuk bertemu dengan mereka setelah Moms memeriksakan anak ke dokter spesialis.

 

Idealnya, untuk mengevaluasi dan menangani anak membutuhkan tim dokter yang terintegrasi. Moms bisa kok mengunjungi rumah sakit atau pusat pelayanan lain untuk mendapatkan informasi mengenai terapi dan dokter apa saja yang bisa Moms kunjungi sesuai dengan kondisi anak kamu.