Moms pasti tahu dong kalau bermain bagi anak-anak adalah satu hal yang sangat penting. Play is child’s work. Begitu salah satu tagline yang sering  terdengar agar para orang tua selalu memperhatikan kebutuhan bermain bagi si kecil. Terlebih jika anak kita saat ini usianya memasuki 2 tahun di mana usia itu merupakan salah satu periode emas tumbuh kembang seorang anak.

Oleh karena itu, memilih jenis mainan yang cocok untuk usia anak juga sangat penting. Kamu tentu ingin kan, anak dapat bertumbuh kembang sempurna berkat pemilihan jenis mainan yang sesuai. Selain itu, memilih mainan yang cocok berdasarkan usia anak juga bisa mencegah kita dari pemborosan lho, Moms! Nggak mau kan, sudah mahal-mahal beli mainan buat si kecil tapi mereka nggak mau main sama sekali karena mainannya terlalu gampang atau terlalu tricky bagi mereka?

Nah, sebelum memilihkan mainan yang tepat untuk toddler kita, baiknya kita intip dulu bagaimana perkembangan yang harus dicapai si 2 tahun ini. Karena mainan yang tepat akan bisa menstimulasi semua aspek perkembangan si kecil sehingga dapat bertumbuh kembang lebih baik.

Moms, Ini Rekomendasi Mainan untuk Si Kecil yang Berusia 2 Tahun
source: http://www.fisher-price.com

Perkembangan Anak di Usia 2 Tahun

  • Sensori dan kognitif: sudah bisa merangkai 2-3 kata, kosa kata meningkat 300 – 500 kata
  • Fisik: lebih tinggi dan lebih ramping
  • Motorik: melempar bola, berlari dengan koordinasi yang lebih baik, keseimbangan lebih baik, menyusun balok
  • Emosi dan sosial: suka meniru, mulai memperhatikan anak yang sebaya dengannya

Jenis Mainan yang Cocok Anak Usia 2 Tahun

Nah, setelah mengamati aspek perkembangan anak usia 2 tahun, sekarang saatnya Moms memilihkan mainan yang cocok untuk mereka. Ada 5 jenis mainan yang direkomendasikan untuk toddler  yaitu:

baca juga

1) Mainan yang bisa digerakkan

Meliputi sepeda roda 3, mobil-mobilan yang bisa dinaiki dan didorong. Pada usia ini anak telah memiliki keseimbangan dan koordinasi diri yang lebih baik sehingga mainan yang bisa digerakkan dan berjalan akan semakin menstimulasi indra vestibular mereka.

Perkembangan Anak di Usia 2 Tahun
source: http://geniuspregnancy.com

2) Puzzle

Mainan puzzle selain menstimulasi aspek kognitifnya juga mampu meningkatkan kemampuan problem solving si kecil. Puzzle yang kita pilih untuk si 2 tahun hendaknya yang sederhana dan tidak membuat mereka frustrasi. Contohnya: chunky puzzle.

Perkembangan Anak di Usia 2 Tahun
source: http://www.blogcdn.com
baca juga

3) Mainan untuk pretend play

Untuk mendukung perkembangan emosi sosialnya, sekaligus dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak, perlu kita sediakan seperangkat mainan yang dapat digunakan untuk bermain pura-pura (pretend play). Mainan doctor set, engineer set, teacher set sangat cocok untuk si 2 tahun yang mulai suka meniru.

Perkembangan Anak di Usia 2 Tahun
source: https://www.rd.com

4) Mainan stacking dan sorting

Koordinasi mata dan tangan merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dipelajari si 2 tahun. Mainan menyusun balok dan mengklasifikasikan bentuk serta warna juga dapat merangsang aspek kognitif anak.

 

5) Mainan blocks

Mainan blocks bisa merangsang kreativitas anak, membantu penguasaan koordinasi mata dan tangannya serta melatih motorik halus yang kelak akan membantu keterampilan anak dalam menulis.

Perkembangan Anak di Usia 2 Tahun
source: https://ak2.picdn.net/

Memang gampang-gampang susah ya memilih mainan yang cocok untuk toddler, Moms. Namun jangan menyerah ya Moms. Semua demi tumbuh kembang anak.