Board Game Untuk Anak

Untuk dapat melatih kecerdasan numerik, verbal, visual, dan analisisnya kamu tidak perlu repot memfasilitasinya dengan sederet les dan kursus. Kamu dapat menggunakan beragam board game, khususnya untuk anak usia di bawah 5 tahun. Percaya atau tidak, edukasi yang diberikan melalui permainan akan dapat masuk dengan lebih efektif dan optimal sebab anak memang perlu disibukan dengan permainan, bukan pembelajaran.
 

Ular Tangga


Board game pertama yang bisa kamu berikan pada anakmu untuk memicu kecerdasan kognitifnya adalah ular tangga. Dengan memainkan permainan ini anak akan belajar menghitung dan melatih kemampuan visual anak dengan melihat gambar pada tiap kotak di papan ular tangga.
 

source: https://myfamilyfever.co.uk/


 

baca juga

Candy Land


Permainan yang satu ini cocok untuk dimainkan, bahkan sejak anak masih berusia dini. Permainannya cukup mudah dan tidak membutuhkan kemampuan menghitung seperti ular tangga. Penggunaan cokelat dan permen sungguhan dapat membuat anak menjadi lebih excited dalam memainkan board game ini.
 

source: https://mystrange.family/


 

Boggle


Jika kamu sedang dalam proses mengajari anakmu membaca, cobalah memberikannya mainan Boggle. Mainan ini adalah word game dengan susunan dadu bertuliskan huruf yang akan disusun menjadi kata. Akan ada gambar dan kunci jawaban untuk tiap katanya.
 

source: http://www.educationaltoys.expert/


 

baca juga

Jenga


Terakhir, kamu juga dapat memperkenalkan permainan Jenga pada anak. Permainan ini pada dasarnya berperan dalam melatih mental para pemainnya untuk memikirkan strategi permainan. Ditambah lagi dengan ketentuan menjaga keseimbangan yang juga akan menstimulasi perkembangan motorik halus anak.
 

source: http://www.tcases.com/


Nah, itulah beberapa board game yang recommended untuk kamu berikan pada anakmu. Memfasilitasi anak bermain adalah hal utama. Tapi, jangan lupa untuk menyisipkan pendidikan dan edukasi pada setiap permainan yang diberikan. Hal ini penting untuk melatih pertumbuhan dan perkembangan anak agar lebih optimal.