Jenis-Jenis Gigi

Sebelum membahas tahapan pertumbuhan gigi pada bayi, penting bagi kamu untuk mengetahui jenis-jenis gigi dan lokasi tumbuhnya berikut ini  :

  • Gigi seri, adalah gigi yang tumbuh pada bagian depan rahang atas dan bawah. Pada umumnya gigi seri atas dan bawah akan tumbuh serentak dalam waktu yang sama. Fungsi dari gigi ini adalah untuk menggigit makanan.
  • Gigi taring, adalah gigi yang berbentuk lancip yang terletak disamping gigi seri atau dengan kata lain mengapit gigi seri pada rahang atas dan bawah. Fungsi gigi taring adalah untuk memotong makanan.
  • Gigi geraham depan, adalah gigi yang memiliki fungsi untuk menghancurkan makanan. Gigi ini terletak disamping gigi taring.
  • Gigi geraham belakang, adalah gigi yang berfungsi untuk menghancurkan makanan dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan gigi geraham depan. Gigi ini terletak pada bagian dalam mulut disamping gigi geraham depan.

 
source: http://www.mommychuck.com/


 


Pertumbuhan Gigi Anak

Dari semua gigi tersebut, gigi pertama yang akan muncul adalah gigi seri. Usia pertama tumbuhnya gigi sebenarnya berbeda-beda pada masing-masing anak. Akan tetapi, berikut ini adalah usia rata-rata pertumbuhan gigi pada anak :

  • 6 – 9 bulan      : 4 gigi seri pada bagian tengah rahang atas dan bawah (total : 4 gigi).
  • 10 – 12 bulan  : 4 gigi seri di samping keempat gigi yang sudah tumbuh (total : 8 gigi).
  • 12 - 16 bulan   : 4 gigi geraham pada rahang atas dan bawah (total : 12 gigi)
  • 16 - 20 bulan   : 4 gigi taring kanan dan kiri, rahang atas dan bawah (total : 16 gigi).
  • 24 bulan          : 4 gigi geraham kedua, rahang atas dan bawah (total : 20 gigi).
  • 2 – 4 tahun      : gigi susu sudah tumbuh dengan lengkap
  • 5 – 7 tahun      : gigi susu memasuki fase tanggal dan digantikan dengan tumbuhnya gigi tetap.
  • >8 tahun          : pertumbuhan gigi tetap dimulai dengan ukuran yang berbeda-beda
     
source: http://www.fourlook.com/


 

baca juga


Fakta Pertumbuhan Gigi Anak 
 

  1. Gigi bayi sudah mulai terbentuk dan tersimpan di dalam gusinya sejak ia masih berada di dalam kandungan. Tonjolan gigi sepanjang area geraham atas dan bawah sudah mulai ada sejak janin berusia 6 minggu. Memasuki usia 3-4 bulan, akan mulai terbentuk semacam jaringan keras pada area sekeliling calon gigi.
  2. Usia pertumbuhan gigi bayi berbeda-beda. Beberapa bayi sudah mulai mendapatkan gigi pertamanya tumbuh di usia 6 bulan sedangkan bayi lain baru mendapatkan gigi serinya tumbuh saat berusia 10 bulan.
  3. Jangan khawatir, jika gigi anak terlihat renggang dan berjarak. Gigi akan terus tumbuh dan melebar sehingga akan merapat dengan sendirinya saat anak memasuki usia 15-19 tahun. Dilanjutkan dengan pertumbuhan gigi geraham bungsu.
  4. Saat akan tumbuh gigi, anak akan menjadi kurang nafsu makan dan banyak menghasilkan liur. Akan tetapi tidak akan sampai menimbulkan demam.
  5. Mulai biasakan menyikat gigi saat gigi anak sudah mulai tumbuh sempurna, yaitu di usia 2 tahun. Akan tetapi, sebelum itu, kamu juga harus sudah mulai rutin membersihkan gigi anak dengan menggunakan lap atau kain lembap.

 
source: https://jualperlengkapanbayi.com/


Nah, itulah ulasan mengenai pertumbuhan gigi anak yang perlu Mommy tahu. Semoga bermanfaat, ya!