source: https://joyoftravel.holidayinn.com/family/5-things-its-ok-to-forget-when-traveling-with-kids/


Kunjungi Wisata Khusus Anak
Destinasi wisata yang menyenangkan untukmu mungkin saja tidak disukai oleh si kecil. Oleh sebab itu, selalu pastikan bahwa keluargamu akan mengunjungi destinasi khusus anak ya, Beautynesian, seperti theme park, waterpark, taman, dan kebun binatang. Destinasi khusus anak ini akan meningkatkan mood positif si kecil sehingga ia merasa senang, bersemangat, dan mampu menikmati liburan tersebut. Selain itu, sebaiknya kamu memberikan waktu yang lebih banyak di destinasi tersebut dan biarkan si kecil menikmatinya dengan tenang tanpa adanya desakan darimu untuk pergi ke destinasi selanjutnya. Mungkin Beautynesian kurang menyukai destinasi anak ini, tetapi sebagai orang tua, tentunya kebahagiaan dan senyum anak adalah segalanya bukan? Jadi, sedikit pengobananmu itu memang layak untuk dilakukan lho.

baca juga



Siapkan 2-3 Pasang Pakaian Cadangan
Ketika berpergian dengan si kecil, selalu siapkan minimal 2-3 pasang pakaian tambahan di dalam koper. Pakaian ini mungkin akan sangat dibutuhkan ketika si kecil mengalami hal tidak terduga, seperti jatuh di tanah yang basah atau tidak sengaja menumpahkan makanan ke pakaiannya. Better to prepare for the worst case, right?


Sediakan Hiburan bagi Anak
Anak kecil sangat mudah bosan dan ketika rasa bosannya sudah membumbung tinggi, mood-nya akan jatuh dan mungkin saja jika ia melakukan hal-hal tidak baik seperti berteriak, merengek, ataupun menangis. Jadi sebaiknya, selalu sediakan hiburan bagi si kecil, seperti boneka, robot-robotan, ataupun ipad berisikan game favoritnya, terutama jika si kecil akan menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam transportasi publik. Kamu tidak ingin anakmu mengganggu ketenangan orang lain atau parahnya mendapatkan lirikan maut dan decihan tidak suka dari orang-orang di sekitar, bukan?

baca juga


Gunakan Tas Ransel
Ketika berpergian bersama anak, kamu tidak hanya membawa barang pribadimu, tetapi juga barang-barang pribadi milik si kecil. Tentunya barang-barang itu tergolong banyak dan juga berat, sehingga kamu membutuhkan tas yang cukup besar untuk menampung itu semua. Untuk memudahkanmu membawa seluruh barang itu, gunakanlah tas ransel yang cukup besar karena tas ini mampu meringankan beban pada pundakmu sehingga membuatmu lebih nyaman berpergian bersama si kecil. Jika kamu khawatir dengan keamanan tas ini, kamu bisa menggunakan tas ransel dengan sleting, bukan model serut, serta meletakkan barang-barang berharga pada tas lain dengan ukuran kecil yang dapat diselempangkan di bahu atau dilingkarkan di pinggangmu.


Selalu Cek Isi Tas Sebelum Pergi
Sebelum meninggalkan rumah atau tempat tinggalmu selama berlibur, periksalah selalu isi tasmu untuk memastikan bahwa kamu telah memasukkan barang yang kamu butuhkan, seperti uang, ponsel, identitas pribadi, parfum, makeup, dan kamera, serta barang yang di kecil butuhkan seperti pakaian ganti, jas hujan, makanan khusus, snack, mainan, tissue basah, tissue kering, susu, air, dan obat-obatan. Always check and re-check your bag, okay?


Beri Pengertian Kepada Anak
Untuk menjauhkan si kecil dari kemungkinan hilang atau tersesat, Beuatynesian perlu memberikan pengertian kepada si kecil akan bahaya yang terjadi jika ia sampai hilang dana pa yang harus ia lakukan untuk menghindari hal itu. Kamu bisa meminta si kecil untuk selalu menggandeng tanganmu dan jangan sampai melepaskannya selama berlibur, terutama ketika kalian berada ditengah-tengah keramaian.


Sisipkan Tanda Pengenal
Beautynesian perlu menyisipkan tanda pengenal pada kartu yang dikalungkan di leher si kecil. Kamu cukup menuliskan nama si kecil beserta nomor pribadimu. Sehingga jika terjadi hal buruk yaitu di kecil tersesat atau menghilang dari pengawasanmu, orang lain yang menemukannya bisa langsung menghubungimu. Selain itu, jika si kecil sudah dapat membaca dan menulis, ada baiknya Beautynesian mengajarinya untuk segera menghubungi nomor telpon yang tercantum pada tanda pengenalnya atau meminta tolong pada orang lain untuk melakukan hal tersebut, jika ia tidak lagi melihatmu. Hal kecil yang sangat krusial dan bermanfaat bukan?


Yap, demikianlah tips travel bersama anak. Good luck Beautynesian, hope you have the best travel experience with you family!

source: http://www.telegraph.co.uk/travel/family-holidays/How-to-survive-a-long-car-journey-with-children/