1. Lepaskan Semua Bagian Botol

Sebelum mencuci, pertama-tama lepaskan seluruh bagian dari dot bayi dan tuangkan sabun khusus pembersih perlengkapan bayi pada setiap bagian botol susu. Selanjutnya tambahkan sedikit air agar mempermudah proses pencucian dot bayi. Kemudian gosok semua bagian botol hingga bagian karet hingga bersih dan gunakan sikat kecil untuk menjangkau semua permukaan. Selanjutnya ketika semua permukaan telah digosok, lalu bersihkan bagian botol dengan air yang mengalir agar sisa sabun tidak menempel. 

source: https://Livestrong.com

2. Langsung Cuci Setelah Dipakai

Setelah selesai digunakan, sebaiknya moms langsung mencuci botol susu, karena untuk menghindar bakteri yang bersarang lebih lama di dalam botol. Baiknya Moms menggunakan sabun khusus untuk mencuci peralatan bayi hingga bersih dengan air yang mengalir. Setelah dicuci bersih, rendam botol susu dengan air mendidih untuk mematikan bakteri yang masih menempel di botol. Kemudian tiriskan di tempat yang kering dan balikan posisi botol ketika mengeringkannya

source: http://www.newkidscenter.com
baca juga

3. Rendam dengan Air Mendidih

Setelah dicuci bersih dan ingin dot bayi lebih bersih dan steril, moms bisa merendam semua bagian dot dengan air panas yang mendidih. Diamkan kurang lebih 5 menit, kemudian angkat dan tiriskan. Perlu diketahui, penggunaan air panas ini untuk memastikan semua kuman dan bakteri mati ketika direndam dengan suhu panas tinggi. Hal ini untuk mencegah bayi terkontaminasi dengan kuman-kuman yang masih menempel. 

source: http://www.cindyandjana.com

4. Gunakan Alat Pensteril Botol

Cara lain yang  bisa moms gunakan adalah dengan alat sterilisasi uap dengan listrik atau alat sterilisasi uap dengan microwave. Dua alat sterilisasi tersebut, botol direndam dalam uap dengan temperatur 212 derajat Fahrenheit (atau 100 derajat Celsius), yang membunuh semua bakteri. Nah, dengan alat sterilisasi elektris, moms tinggal menambahkan air, menata botol, cincin dot, dan karet dot, menutup alat tersebut dengan penutupnya, lalu mencolokkan alat tersebut ke listrik. Proses sterilisasi memakan waktu 10 menit. 

source: http://amazon.com