1. Lahir Prematur

Sebuah studi si Swedia setelah melakukan penelitian terhadap 1,5 juta kasus persalinan menyimpulkan bahwa, bahaya bayi lahir prematur ikut meningkat seiring dengan bertambahnya berat badan sang ibu. Hal ini menunjukan semakin tinggi Indeks Massa Tubuh (BMI) seorang wanita maka semakin tinggi pula risiko bayi lahir prematur, bahkan terlalu dini. Untuk mengatasinya moms wajib mengonsumsi makanan yang bergizi dan kurangi makanan tinggi lemak seperti mengonsumsi daging dan makanan manis secara berlebihan. 

Jangan Terlalu Gemuk Saat Hamil, Ini 4 Bahaya yang Akan Terjadi Pada Calon Bayimu
source: http://thenationonlineng.net

2. Anak Berisiko Diabetes dan Obesitas

terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori dan yang manis-manis akan membuat berat badan naik secara drasti. Nah, kenaikan berat badan yang drastis saat hamil ini dapat mengubah gen bayi yang sedang berkembang dalam mengendalikan nafsu makan, metabolisme tubuh dalam mencerna lemak dan karbohidrat, juga metabolisme insulin. Selain itu, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Mother Infant Research Institute(MIRI) di Tufts Medical Center, Boston, Ibu hamil yang obesitas dapat memengaruhi perkembangan otak pada janin. Peneliti menemukan bahwa janin dari kehamilan wanita gemuk cenderung mengalami hambatan dalam proses alami pembentukan otak.

Jangan Terlalu Gemuk Saat Hamil, Ini 4 Bahaya yang Akan Terjadi Pada Calon Bayimu
source: https://www.advantage4parents.com
baca juga

3.  Berisiko Asma

Sebuah penelitian menyatakan, 12 persen dari 1.100 anak yang terlahir dari ibu yang obesitas akan sering mengalami asma pada usia 14 bulan dibandingkan bayi yang terlahir dari berat badan normal. Selain itu menurut dokter spesialis obgyn di Lenox Hill Hospital, New York, dr. Jennifer Wu mengatakan, bahwa hal tersebut dapat ditanggulangi dengan olahraga rutin dan mengonsumsi makanan yang sehat. Tak perlu olahraga berlebihan, cukup dengan jalan kaki selama 20 menit setiap empat kali seminggu juga akan berdampak positif pada kesehatan. 
 

Jangan Terlalu Gemuk Saat Hamil, Ini 4 Bahaya yang Akan Terjadi Pada Calon Bayimu
source: https://babycenter.com

4. Mempengaruhi Kecerdasan

Sebuah studi yang dilakukan oleh Mother Infant Research Institute(MIRI) di Tufts Medical Center, Boston menyatakan, Ibu hamil yang obesitas ternyata juga dapat memengaruhi perkembangan otak pada janin. Peneliti tersebut menemukan bahwa janin dari kehamilan wanita gemuk cenderung mengalami hambatan dalam proses alami pembentukan otak. Selain itu ibu hamil yang mengalami obesitas membuat plasenta bayi mengalami penyempitan. Nah, penyempitan plasenta tersebut disebabkan oleh kandungan lemak di dalam tubuh ibu hamil.

Jangan Terlalu Gemuk Saat Hamil, Ini 4 Bahaya yang Akan Terjadi Pada Calon Bayimu
source: https://www.parenthub.com.au