1. Konsumsi Kalori Terlalu Banyak

Mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi merupakan faktor penting penyebab naiknya berat badan saat hamil. Padahal ibu hamil hanya membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori saja lho moms. Banyak juga ibu hamil yang tidak memahami bahwa hamil bukan berarti makan dua kali lipat dan mengonsumsi apa saja yang kita suka. Nah, yang benar adalah mengonsumsi banyak sayur dan buah serta karbohidrat yang seimbang agar kalori tidak berlebih. 

source: http://Parenting.com

2. Kurang Gerak

Saat hamil wanita memang mengalami banyak perubahan diantaranya pegal-pegal, kaki keram, mual, muntah dan lemas. Namun bukan berarti Moms tidak melakukan aktivitas apapun, dimana hanya berbaring atau duduk sepanjang hari. Padahal ibu hamil juga harus begerak setiap hari dan melakukan olahraga ringan agar peredaran darah lancar dan jauh dari obesitas. Nah, kurang gerak atau aktivitas fisik juga mempengaruhi berat badan naik drastis saat hamil lho Moms. Ada baiknya Moms melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi atau sore hari. 

source: http://bi.gazeta.pl
baca juga

3. Begadang atau Kurang Tidur

Kurang tidur yang disebabkan karena begadang atau kurang istirahat juga merupakan faktor penting penyebab berat badan naik drastis. Karena kelelahan akibat kurang tidur akan menyebabkan Moms sulit untuk melakukan aktivitas fisik sehingga menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Sebaiknya atur pola tidur dan waktu istirahat yang seimbang untuk mencegah berat badan yang berlebih. Selain itu, mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur juga dapat mencegah obesitas saat hamil. 

source: http://www.besthealthmag.ca

4. Suka Nyemil

Saat hamil ibu hamil memang suka cepat lapar dan bawaannya ingin makan terus, meski hanya camilan. Nah, jika Moms sering merasa lapar ada baiknya mengonsumsi camilan sehat seperti keripik sayur atau keripik buah. Hal ini baik untuk menekan agar berat badan naik berlebih yang menyebabkan obesitas. Karena terlalu sering nyemil makanan dengan kalori tinggi akan membuat berat badan Moms naik drastis lho. 

source: http://www.nestle-family.com