Masih teringat jelas kejadian weekend kemarin aku ajak Gya ngemall bareng enin nya dan tante nya juga. Gya tu masih 20 bulan tapi kok udah ngerti banget ya kalo diajak jalan tu happy banget, apalagi kalo ngemall nya ga pake stroller, happy dia bisa lari sana sini bebaaaassas... hehehe. Nah kemarin kebetulan aku emang ga bawa stroller, jadi biarin dia jalan aja paling kalo pegel ya aku gendong. Pas lewat depan toko mainan, dia tiba-tiba lari dong ke arah toko mainan. Kebetulan di depan toko mainan itu ada beberapa mainan yang dipajang didepan salah satu nya yaitu trolley mainan belanja, Gya langsung tertarik banget dan dorong trolley mainan yang dipajang itu sampe keluar toko, kesana kemari dia dorong sampe mbak-mbak nya senyum-senyum (pasti dalem hati mbak nya kesel juga mikir ni anak mau beli apa kagak). Gya happy dan pede banget dorong trolley nya menjauhi toko, sampe akhirnya aku pegang trolley nya sambil bilang “Gya engga boleh ya, taro ya, Gya kan engga beli mainan, Gya kan udah punya yang kayak gini di rumah”. Akhirnya Gya marah dong ga terima dia kalo trolley nya aku pegang dan aku ambil. Padahal emang beneran Gya itu di rumah punya mainan trolley belanja belanjaan. Semakin aku bilangin dan semakin aku ambil, Gya semakin marah teriak teriak lalu nangis. SHOCK BANGET dong aku, karena biasanya kalo ngemall Gya itu engga pernah begini. Gya itu selalu bisa aku kendaliin dan engga pernah ngamuk di mall sebelum-sebelumnya, so ini adalah first time dia mengamuk di mall minta mainan.


Di tengah dia semakin marah itu akhirnya aku tarik napas dalam-dalam, tatap mata dia sambil bilang “Gya, mama gendong yuk kita beli puding yuk. Eh Gya kan suka stoberi yah kita beli puding yang rasa stroberi yuk asiiiiikkkk” sambil segera peluk dan  gendong Gya. Ternyata Gya emang bener bener teralihkan lho moms ketika aku bilang puding stroberi, dia langsung nurut. Mungkin karena dia itu favorit banget kali ya sama yang nama ny stroberi jadi ketika aku tawarin sesuatu yang berbau stroberi dia langsung kayak mikir gitu dan lupa sama trolley nya. Pas banget ga jauh dari toko mainan itu emang stand puding puyo, langsunglah beli dan Gya buru-buru minta disuapin yang stroberi. Yeayyyyyy BERHASIL !!!! Gya happy lagi, ceria lagi, dan ga ngamuk lagi bahkan lupa sama trolley mainan nya.
*mama so happy*
*sujud syukur*

Pelajaran yang bisa diambil dan tips menghadapi anak ngamuk di mall adalah :
1). Saat dia mengamuk dan nangis, segera tarik napas dalam-dalam dan gendong si anak.Kalau bisa agak menjauh dari keramaian dulu supaya anak bisa tenang da mendengar apa yang kita ucapkan.
2). Jangan selalu turuti kemauan anak, karena jika dituruti terus biasanya anak jadi mempunyai senjata untuk meminta sesuatu yaitu dengan mengamuk. Ini prinsip aku ya, pokoknya Gya itu ga semua kemauan nya harus aku turutin, terlebih untuk minta mainan yang sebenernya dia udah punya di rumah.
3). Alihkan dengan hal yang DIA SUKA. Cara ini bisa beda beda ya setiap ibu, nah kalo Gya kemarin itu aku coba pakai cara makanan kesukaan dia yaitu puding stoberi yang emang kebetulan ada disana hahaha
4). Jangan panik, please kalo kita panik itu kadang kita jadi marah marah nah yang ada si anak juga makin marah, selain itu panik ny kita dan ngamuknya si anak bisa jadi tontonan orang orang di mall mom. Hiii malu kan, jangan sampe ya.

Nah itu cuma sharing dari pengalamanku aja ya moms ketika Gya ngamuk di Mall minta mainan, mungkin moms yang punya cara lain boleh lho share disini... terimakasih semoga bermanfaat yaaa :)