Siapa sih yang tidak merasa gemas kalau melihat anak kembar yang lucu-lucu? Untuk seorang ibu, mempunyai seorang bayi saja sudah sangat menyenangkan, apa lagi ditambah bonus (anak kembar), jadi bisa langsung mempunyai dua anak atau lebih hanya dengan sekali melahirkan. Jika kamu ingin mempunyai anak kembar dan memang sudah ada keturunan melahirkan anak kembar dari keluarga, kamu beruntung karena kemungkinannya akan lebih besar sebanyak 17%. Bagi kamu yang ingin mencetak sejarah di keluargamu dengan ‘membuat anak kembar’ pertama, bisa diusahakan kok, karena setiap orang mempunyai kemungkinan 3% untuk bisa hamil anak kembar, kamu bisa membuat program dengan mengikuti beberapa tips berikut ini!

 

Hamil di Usia Lebih Tua

Pada usia 35 tahun atau menjelang menopause, ovarium akan melepaskan lebih dari satu ovum atau sel telur pada ovulasi setiap bulannya. Jadi, sel sperma mempunyai peluang lebih besar untuk membuahi dua sel telur sekaligus sehingga bisa menghasilkan anak kembar. Pembuahan dua ovum tersebut akan menjadikan bayi kembar non-identik. Sedangkan untuk kembar identik, sel ovum yang sudah dibuahi membelah menjadi dua. Tapi untuk rencana kehamilan di usia 40 tahun ke atas pertimbangan karena kondisi tubuh yang biasanya sudah tidak bugar dan juga kehamilan pada usia ini mempunyai resiko keguguran yang lebih besar.

source: https://www.instagram.com/p/BP-rXUGBPJa/?taken-by=beyonce


 

baca juga

Konsumsi Umbi-Umbian

Fakta menunjukkan bahwa Benua Afrika mempunyai populasi anak kembar terbanyak di dunia dan menurut kepercayaan, itu disebabkan karena mereka banyak mengonsumsi umbi-umbian sebagai makanan pokok. Belum ada penelitian untuk teori ini, tetapi yang paling mungkin adalah kandungan zat yang ada di umbi-umbian seperti ubi jalar,ubi manis dan kentang dapat menyebabkan lebih dari satu ovum dilepaskan dari ovarium. Umbi-umbian mengandung beta karoten tinggi yang merupakan antioksidan alami, vitamin C, B dan fosfor sehingga ampuh untuk melindungi kesehatan tubuh dari berbagai penyakit.

source: http://www.huffingtonpost.com/john-berardi-phd/potatoes-health-benefits_b_7010712.html


 

Perbanyak minum susu

Dilansir dari www.eurekalert.org, menurut penelitian dari Dr.Gary Steinman dari Long Island Jewish Medical Center New York , wanita yang mengonsumsi produk hewani , khususnya susu, akan  menambah peluang sebesar lima kali lebih banyak untuk bisa hamil anak kembar. Hal ini disebabkan oleh IGF (insulin-like growth factor) yang terkandung di dalam protein hewani seperti susu yang dapat meningkatkan ovulasi  atau masa subur wanita.
 

source: http://lumieye.com/userData/ebizro_board/esli-est-tolko-krupi-i-ovoshi-mozhno-pohudet.xml


 

baca juga

Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat sudah sudah terkenal akan manfaatnya untuk ibu hamil. Nutrisinya sangat baik untuk masa kehamilan. Tidak hanya itu, untuk kamu yang akan sedang berencana untuk program kehamilan anak kembar, konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung asam folat juga sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan kesuburan pada wanita, sehingga kemungkinan hamil kembar pun akan meningkat. Makanan yang mengandung asam folat antara lain kacang merah, ikan laut, alpukat, bayam dan sayuran hijau lainnya.

source: https://babyclub.asda.com/Articles/the-importance-of-folic-acid


 

Pernah Hamil Sebelumnya

Jika kamu sudah mempunyai anak sebelumnya, kemungkinan berhasil untuk program hamil anak kembar akan meningkat, lho. Apalagi jika kamu masih menyusui ASI untuk anak yang sebelumnya, karena pada masa menyusui tubuh wanita dalam masa subur dan akan meningkatkan potensi hamil anak kembar.

source: https://www.instagram.com/elle_for_mom/


 

Program Fertilasi

Tips terakhir adalah dengan menggunakan teknologi medis, yaitu program fertilasi. Sel telur akan dibuahi dengan sperma pasangan kamu sehingga akan mempermudah program bayi kembar, banyak pasangan yang sudah berhasil mendapat bayi kembar dengan program ini. Tapi biayanya memang juga cukup mahal. Jadi, sebelum kamu memilih untuk mengikuti program ini, sebaiknya usahakan dulu untuk dapat hamil kembar dengan cara alami.

source: https://www.youtube.com/watch?v=Kz-zhuy2paw