Biasakan Anak Untuk Selalu Menjaga Kebersihan Mulut


Hal pertama yang harus kamu terapkan pada anak untuk mencegah terjangkitnya radang amandel adalah dengan membiasakan anak untuk menjaga kebersihan mulut. Biasakan anak untuk menyikat gigi sebelum tidur dan sehabis makan agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di area mulut. Langkah ini penting untuk mencegah infeksi bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan radang amandel pada anak.

source: https://bidanku.com/


Saat menjaga kebersihan mulut, kamu juga dapat memberikan anak air garam untuk memastikan kuman dan bakteri pada mulut mati. Cara ini juga aman dan akan mengurangi bengkak pada amandel.
 

Pastikan Anak Rutin Minum Air Putih Secara Teratur


Selain itu, kebiasaan minum air putih juga dapat mencegah infeksi pada area mulut dan tenggorokan. Air berfungsi membuat area tenggorokan dan mulut tetap basah sehingga meminimalisir infeksi pada mulut yang kering. Tidak hanya itu, air juga dapat membuat amandel berfungsi dengan lebih baik dalam menjaga imunitas anak saat melawat kuman, virus, dan bakteri.
 

source: http://pedulisehat.info/


 

baca juga

Jagalah Pola Makan Anak


Makanan adalah benda yang langsung memiliki kontak dengan rongga mulut dan kerongkongan. Kebersihan dan kandungan gizi makanan memiliki peran penting dalam menjaga anak dari radang amandel. Masing-masing anak memiliki kecenderungan tubuh yang berbeda, akan tetapi ada jenis-jenis makanan khusus yang sering menjadi penyebab radang amandel pada anak, seperti :

  1. Makanan dengan MSG
  2. Makanan dengan pewarna dan pemanis buatan
  3. Makanan pedas
  4. Minuman dingin dan bersoda
  5. Makanan dengan minyak berlebih

 
source: https://s-i.huffpost.com/


Untuk itu, sebaiknya para orang tua lebih selektif dalam memilihkan makanan dan jajanan yang tepat untuk anak. Anjurkan anak untuk tidak jajan sembarangan agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.
 

Lakukan Pola Hidup Sehat


Biasakan anak untuk mencuci tangan setiap habis beraktivitas. Tidak hanya itu, ajarkan anak untuk menjaga jarak pada teman-teman yang sedang terjangkit penyakit seperti flu, batuk, dan lain sebagainya. Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk membiasakan hal ini pada semua murid akan membantu kamu dalam menjaga kesehatan anak.
 

source: http://www.sanjoseinside.com/