HAIYOOOOO MOMMIES..

Setelah minggu kemarin ngurusin bocah diare, yahudd bgt ya rasanya :))) Jadilah weekend ini aku bertapa di rumah kakak ku krn ingin main masak masakan, duh pengen buat ayam panggang utuh itu seru banget kali ya? kaka ku nyontek resep dari buku.  Iseng buat trus JADIII, girang banget deh,  jadilah ROASTED CHICKEN ANTI GAGAL, enak cekalee rasanya, bumbunya meresap sampai ketulang, suami ku aja doyan banget ( tumben ).

Yuk mareee di simak bahan dan cara pembuatannya,, GAMPILLLL BET MAKKK!!!

Bahan;

1 ekor ayam utuh di belah bagian punggung bukan dadanya
2 sdm garam
1 buah jeruk nipis

( Setelah di cuci bersih ayam ini di gosok dengan garam dan jeruk nipis, agar tidak bau amis ) simpan dulu sampai kita menyiapkan bahan bahan lainnya



Bumbu Ayam ;

3 sdm margarine / mentega
1 siung Jahe di parut ya
1 sdr oregano
4 siung bawang putih, di haluskan
1 sdm daun rosemarry 
1 sdt garam
1/2 sdt merica hitam tumbuk kasar
1 sdt Kaldu jamur bubuk  merk totole

cara pembuatannya ;

Ayam yang sudah di berikan garam dan jeruk nipis di cuci lagi, dan keringkan, kalau bisa di tekan tekan dengan tissue makan ya, ini supaya campuran bumbu ayam bisa menempel, jadi si ayam harus keriiing di handukin dl yes ehe :p

siapkan mangkuk dan masukan semua bumbu margarine, garam, merica hitam, rosemarry, jahe, bawang putih,kaldu jamur bubuk,, aduk semua bahan menjadi satu.



Siapkan loyang kaca tahan panas yang sudah berisi ayam, oleskan semua bahan bumbu ayam ke seluruh bagian, paling penting itu di bawah permukaan kulit ayam masukan bumbu dengan jari jari kita keseluruh bagian ayam depan dan belakang.

setelah itu panggang ayam di oven dengan suhu 170'C selama 1,5 jam.  Jangan lupa selalu test kematangan ayam dengan menusuk dengan garpu atau disobek bagian dagingnya. Jangan over cooked ya karena nanti daging ayam akan keras.

jika sudah 1,5 jam angkat ayam dan sajikan. gampang banget aku aja yang gak bisa masak, pasti berhasil hahahah bahannya juga gampang banget gak terlalu banyak dan gak ribet nyarinya .penyajiannya bisa dengan nasi, mashed potato, sayuran rebus. 


Rasanyaa??? huuu sooo YAMEEEEHHHH!!!, Selamat Mencoba :)


See you on next post eyap đź–¤