Memberikan dot atau empeng pada bayi masih jadi perbincangan hangat di antara para orangtua. Dot atau empeng memang dapat membantu kita untuk menenangkan bayi yang sedang rewel atau menangis karena pada saat bayi menangis atau rewel, ia cenderung menghisap jempolnya untuk membuat dirinya merasa nyaman. Dan dot atau empeng bisa jadi alternatif lain dari menghisap jempol. 

Namun justru karena hal tersebut, orangtua biasanya ragu dalam memberikan dot pada bayi karena khawatir bayi jadi ketergantungan pada dot dan akan sulit melepaskannya. Kekhawatiran terhadap bentuk gigi bayi yang akan menjadi tonggos saat dewasa juga menjadi salah satu hal yang memberatkan para orangtua. 

Memberikan dot atau empeng punya sisi positif dan negatif. Sebaiknya Moms pertimbangkan baik-baik. Berikut Mommynesia berikan penjelasan positif dan negatif memberikan dot ke bayi.

 

baca juga

Sisi Positif Penggunaan Dot / Empeng

  1. Membantu agar bayi dapat tidur lebih mudah.
  2. Dot dapat menenangkan bayi yang rewel.
  3. Mengurangi risiko bayi meninggal mendadak yang disebabkan sudden infant death syndrome (SIDS).
  4. Dot dapat digunakan sebagai pengalih perhatian.
  5. Penggunaan dot pada bayi merupakan solusi baik untuk memuaskan hasrat menghisap pada bayi. Bayi sering menghisap jempol ketika mulai bosan dan lelah atau ketika sedang tidak nyaman. Mengisap jempol adalah salah satu cara dimana bayi menenangkan diri. 
  6. Melepas kebiasaan menggunakan dot pada bayi akan lebih mudah ketimbang melepas kebiasaan bayi mengisap jari.
  7. Dot juga membantu pekerjaan Moms ketika sedang sibuk menyiapkan makan buat si kecil. Berikat dot kepada si kecil ketika Moms sedang memasak, untuk membuatnya nyaman. 
  8. Untuk Moms yang senang mengajak si kecil travelling. Dot/empeng dapat mengurangi rasa tidak nyaman ketika bayi bepergian dengan pesawat. Jika orang dewasa dapat menguap atau mengonsumsi makanan ringan untuk meringankan nyeri di telinga akibat perubahan tekanan udara, maka untuk bayi dapat memanfaatkan dot bayi.

Sisi Negatif Penggunaan Dot/Empeng

  1. Pemberian dot / empeng dapat menghilangkan nafsu minum ASI (Air Susu Ibu) pada bayi. Jika Moms memberikannya terlalu dini, dapat mengganggu atau menghilangkan keinginan si bayi untuk menyusu pada moms loh. Karena, mengisap langsung pada puting berbeda dengan mengisap dot atau susu botol.
  2. Penggunaan dot juga diduga memicu gangguan telinga. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa bayi yang menggunakan dot, maka akan lebih besar berisiko mengalami infeksi telinga.
  3. Penggunaan dot bayi hingga lebih dari 2 tahun bisa mengakibatkan masalah pada gigi si kecil. Misalnya, dot bisa membuat struktur gigi bayi tidak bagus terlebih di bagian depan.
  4. Menggunakan dot bayi kemungkinan dapat menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan. Tentu ini akan menyulitkan moms yah.
source: https://www.thespruce.com

Itulah beberapa sisi positif dan negatif dari dot/empeng, Moms. Mencari banyak info adalah cara terbijak sebelum memutuskan yang terbaik untuk si kecil.