Banyak sekali manfaat yang bisa moms dapatkan dari membacakan buku dan bercerita pada anak. Nah, berikut ini adalah 3 manfaat dari membacakan buku cerita dan bercerita di 10 menit sebelum anak tidur. Karena 10 menit adalah waktu krusial, jadikan 10 menit itu berkesan dan bermanfaat bagi perkembangan emosi serta intelegensial anak. Hal tersebut saya pelajari dari seorang montessorian di pelatihan baca tulis by Moms club. 



3 Manfaat membacakan buku dan bercerita 10 menit sebelum tidur 

1. Membacakan buku cerita dan bercerita 10 menit sebelum tidur merekatkan hubungan antara moms dan si kecil. Bukan hanya tugas moms, sang ayah pun harus melakukannya. Bacakan buku dan berceritalah sambil memangku, mengusap punggung, kepala, dan berikan pelukan hangat sebagai pengantar tidur. Suara tenang moms saat membacakan cerita, sentuhan lembut moms pada si kecil, dapat membuat syarafnya relax, mengatur emosinya dan membuat si kecil merasa disayang. Oh iya moms, bedanya membacakan buku cerita dan bercerita adalah, kalau membacakan buku, moms membacakan teks dan menunjukkan gambar yang ada di buku, kalau bercerita, moms berimajinasi menceritakan sesuatu meskipun tanpa buku.


Source : google.com
 
2. Membacakan buku dan bercerita merupakan salah satu cara agar anak mendapatkan banyak kosakata baru untuk bekal anak belajar bicara, mengembangkan daya imajinasi anak, dan melatih fokusnya. Terlebih saat menjelang tidur, memasukkan nasihat atau pesan positif pada anak lewat buku dan cerita akan cepat diterima dan melekat di memori anak. Jangan lupa review kembali isi cerita yang telah dibaca atau diceritakan, untuk recall memori dan melatih daya ingat si kecil.

 
source : google.com

3. The National Sleep Foundation menyebutkan bahwa si kecil juga perlu memiliki kebiasaan baik yang dilakukan sebelum tidur. Rutin membaca sebelum tidur bisa menjadi cara yang baik untuk menjadi pengingat waktu tidur bagi otak dan tubuh anak. Ketika pikiran moms dan si kecil mulai santai, tubuh si kecil akan ‘membaca’ hal ini sebagai penanda dimulainya waktu tidur. Jika dilakukan terus menerus, hal ini bisa menjadi kebiasaan dan anak tidak akan lagi mengalami kesulitan tidur.


 
Saya sendiri selalu berusaha membiasakan hal ini, dan berdoa semoga usaha baik ini berbuah manis. Selamat mencoba juga di rumah ya, moms!


source : google.com