Kalau soal makan sayuran, anak kecil memang paling susah untuk dibujuk. Banyak orangtua yang struggling ketika mengajak anaknya makan sayuran. Apakah Moms salah satunya?
 
Tapi ternyata, ada penjelasan ilmiahnya lho Moms mengapa anak kecil tidak menyukai sayuran. Behavior ini ternyata disebabkan karena lidah anak kecil lebih sensitif dengan rasa pahit, dan kebanyakan sayuran memiliki rasa pahit yang berasal dari nutrisi baik seperti kalsium, polyphenols, dan flavonoids. Jadi, wajar saja jika anak kecil tidak terlalu menyukai sayuran. Tapi, kalau tidak dibiasakan makan sayuran sejak kecil, bisa saja saat tumbuh besar Si Kecil kesayangan akan benar-benar membenci sayuran. Nah, tapi Moms bisa mencoba beberapa trik friendly berikut ini untuk memperkenalkan sayuran pada Si Kecil dan membuatnya suka makan sayuran.


Masak Sayuran dengan Butter
source: https://financialtribune.com/

Jika salah satu penyebab utama anak tidak suka sayuran adalah karena rasanya yang pahit, Moms bisa mencoba menutupi rasa pahitnya menggunakan butter. Rasa gurih butter yang rich ini dapat membuat sayuran terasa lebih gurih dan lezat. Selain lezat, butter juga mengandung vitamin A, E, dan D3 yang dapat membantu perkembangan Si Kecil.
 

Buat Permainan yang Menyenangkan
source: https://www.amazingraze.co/

Anak kecil sangat suka dengan bermain pura-pura atau pretend-play. Nah, kamu bisa mencoba mengajak Si Kecil bermain pura-pura yang pada akhirnya mengajak Si Kecil untuk makan sayuran. Misalnya saja kamu bisa mengajak Si Kecil untuk berpura-pura menjadi dinosaurus herbivora yang harus menghabiskan sayurannya agar bisa menghindari T-Rex. Permainan menyenangkan ini bisa menjadi salah satu cara paling bagus untuk mengajak anak makan sayuran.
 
baca juga

Coba Berbagai Variasi Bentuk Sayuran yang Lucu
source: https://id.pinterest.com/

Sama halnya seperti orang dewasa, anak kecil juga sangat tertarik dengan visual makanan. Jika makanan Si Kecil memiliki bentuk yang lucu atau menyerupai karakter kesukaannya, pastinya Si Kecil akan lebih lahap memakannya. Nah, Moms bisa coba membentuk sayuran dengan berbagi bentuk lucu seperti hati, smiley, atau tokoh kartun kesukaan mereka. Selain itu, Moms juga bisa menggunakan sayuran dengan warna yang menarik seperti wortel, brokoli, tomat, dan kacang polong agar visualnya terlihat lebih menarik.
 

Letakkan Sayuran di Dalam Tempat Makan Kesukaan Si Kecil
source: https://www.dhgate.com/

Selain berkreasi dengan bentuk makanan, Moms juga bisa menarik perhatian Si Kecil untuk makan sayuran dengan kotak makan. Cobalah untuk meletakkan makanannya di tempat makan favoritnya atau kotak makan dengan bentuk yang lucu karena hal ini dapat membuat Si Kecil lebih semangat makan, Moms. Kemudian, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan kotak makan Si Kecil ya Moms karena semakin sering tempat makan digunakan, semakin besar juga peluang penyebaran bakteri dan virus dari tempat makan. Kalau Moms mengira jika kotak makan Si Kecil tidak perlu disterilkan, Moms salah besar. Moms tetap harus mensterilkan kotak makan serta peralatan makan dan minum lainnya walaupun Si Kecil sudah bukan bayi lagi.
 
baca juga

Untuk mensterilkan peralatan makan dan minum Si Kecil, Moms bisa menggunakan bantuan alat seperti Panasonic Dish Dryer D-Sterile. Panasonic D-Sterile ini dapat melumpuhkan kuman, bakteri, dan jamur pada alat makan melalui proses pemanasan dengan suhu hingga 70 derajat Celcius. Bahkan, alat ini sudah terbukti dapat melumpuhkan bakteri E-Coli penyebab diare, serta Staphylococcus penyebab keracunan makanan dan infeksi kulit yang sering ditemukan di perlatan makan. Jadi, Moms dapat melindungi kesehatan Si Kecil dan keluarga dengan lebih baik.

Plus, peralatan makan juga akan tetap higienis dengan penutup D-Sterile dan model penyimpanannya yang luas serta tempat penyimpanan tersendiri untuk sendok garpu. Oh iya, D-Sterile juga sangat durable lho Moms dan tidak mudah rusak, jadi alat ini dapat bertahan lama. Tertarik untuk mencobanya, Moms?