Biang keringat adalah kondisi di mana tubuh mengalami bintik-bintik merah. Biasanya biang keringat lebih sering dialami oleh bayi atau anak-anak dibanding orang dewasa. Hal itu disebabkan pori-pori kulitnya masih kecil. Selain itu, biang keringat umumnya ada di beberapa bagian tubuh seperti punggung, leher, paha dan bagian yang tertutup.
 
Walaupun tidak berbahaya, namun biang keringat dapat membuat bayi menjadi tak nyaman karena rasa gatal terlebih saat terkena keringat, membuat biang keringat menjadi perih. Tak hanya membuat bayi rewel, kondisi tersebut juga dapat menurunkan nafsu makan bayi lho moms akibat dari rasa gatal dari biang keringat itu.
 
Karena itu, yuk ketahui moms penyebab biang keringat agar Si Kecil selalu ceria dan cara mengatasinya.


1. Bahan Pakaian yang Tidak Tepat
 

Jangan Anggap Sepele! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Anak dengan Cepat
source: http://abiummi.com/


Masih banyak orangtua yang masih membeli pakaian bayi atau anak karena modelnya yang lucu tanpa memperhatikan bahannya. Pakaian yang tidak bia menyerap keringat dapat membuat anak mengalami biang keringat.

Selain itu, saat cuaca panas sebaiknya moms lebih memperhatikan bahan pakaian yang akan digunakan oleh Si Kecil, seperti tidak menggunakan pakaian berbahan sintetis seperti nilon dan polyester. Namun, pilihlah pakaian bayi yang berbahan katun, tipis dan ringan untuk bayi.


 

2. Jangan Sering Digendong
 

Jangan Anggap Sepele! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Anak dengan Cepat
source: http://www.indianexpress.com/


Apa hubungannya biang keringat dengan digendong? Perlu moms ketahui saat sedang musim panas dan kamu sering menggendong hanya akan membuat Si Kecil kepanasan. Pasalnya, saat digendong maka Si Kecil harus merasakan dua sumber panas yang berasal dari cuaca serta subuh tubuh kamu moms. Karena itu, untuk mencegah Si Kecil mengalami biang keringat, moms sebaiknya jangan terlalu sering menggendong bayi, lebih baik biarkan saja bayi berbaring di ranjang.


 

baca juga

3. Pastikan Kulit Bayi Tetap Dingin
 

Jangan Anggap Sepele! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Anak dengan Cepat
source: https://www.thespruce.com/


Kulit yang panas akibat cuaca memang berisiko dapat membuat bayi mengalami biang keringat. Nah, kamu dapat mencegahnya moms dengan memastikan bahwa kulit bayi harus tetap dingin yaitu dengan mengelap bagian tubuh bayi yang mengalami biang keringat dengan kain basah yang dingin atau moms juga bisa memandikan bayi. Tak hanya itu, sangat penting untuk selalu menjaga lembapan kulit bayi ya moms.


 

4. Hindari Udara Panas
 

Jangan Anggap Sepele! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Anak dengan Cepat
source: https://www.babycenter.in/


Tahukah kamu moms bahwa penyebab utama biang keringat yaitu disebabkan oleh cuaca panas. Oleh karena itu, pastikan moms harus selalu menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan higienis. Kamu kini bisa menggunakan Panasonic Air Purifier di rumah.

 

baca juga
Jangan Anggap Sepele! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Anak dengan Cepat
source: http://www.panasonic.com/id/consumer/home-appliances/fans-air-purifiers/air-purifier.html


Selain dapat mencegah biang keringat pada anak karena suhu ruangan yang sejuk, teknologi Nanoe yang dimiliki Panasonic Air Purifier ini juga dapat membuat suhu ruangan tetap higienis dan terbebas dari kuman dan bakteri. Hal itu tentu saja membuat anak merasa nyaman dan aman bermain di rumah walaupun di lantai.
 
Selain itu, moms juga tak perlu khawati saat merawat hewan peliharaan, selain dapat membasmi kuman, virus maupun bakteri yang dapat menyebabkan aleri pada anak karena hewan peliharaan juga dapat menghilangkan bau tak sedap di rumah dengan cepat. Si Kecil pun jadi betah berlama-lama di rumah.