Daya tahan tubuh bayi yang belum sempurna dapat membuatnya berisiko terserang berbagai penyakit seperti salah satunya adalah diare yang memang banyak dialami anak-anak dan bayi. Walaupun terdengar penyakit sepele, tapi diare ternyata menjadi penyakit mematikan yang mengancam bayi dan anak lho moms.
 
Umumnya diare disebabkan oleh bakteri E-Coli dan Staphylococcus aureus yang memang merupakan bakteri penyebab diare. Nah, biasanya bakteri itu menyerang bayi dan juga anak-anak melalui makanan atau perlengkapan makan yang tidak bersih. Karena itu, pentingnya moms mensterilkan perlengkapan makan dan minum bayi dengan benar agar Si Kecil terhindar dari penyakit.
 
Berikut ini adalah cara benar mensterilkan perlengkapan makan dan minum bayi yang perlu moms ketahui. Apa saja itu? Yuk, simak moms di bawah ini:


1. Gunakan Sabun Pencuci Piring Khusus Bayi
 

source: https://sabunwanita.wordpress.com/


Setelah isi perlengkapan makan dan minum bayi di buang, masukkan air sedikit sebelum membersihkannya dengan sabun. Tujuannya adalah untuk menghindari dari bau amis. Setelah itu cuci perlengkapan makan dan minum bayi menggunakan sabun pencuci piring dengan benar bahkan hingga mengenai sudut-sudut perlengkapan makan dan minum bayi.
 
Untuk botol minumnya pun, kamu juga tak hanya mencuci botolnya saja tapi juga bagian pada gelang dot. Saat mencucinya pun, kamu harus melepas dan kemudian membersihkan satu per satu untuk memastikan tidak ada kuman dan bakteri yang menempel.


 

2. Gunakan Air Mengalir
 

source: http://www.tutorialoka.com/


Nah, ini kesalahan yang masih banyak dilakukan para moms yaitu tidak menggunakan air mengalir saat membilas perlengkapan makan dan minum bayi. Padahal menggunakan air yang tidak mengalir hanya akan membuat bakteri atau kuman tetap menempel lho moms. Karena itu, gunakanlah air mengalir saat membilas, agar bakteri dan kuman juga terbawa oleh air. Selain itu, menggunakan air mengalir juga dapat membuat perlengkapan makan dan minum bayi lebih bersih dan higienis.


 

baca juga

3. Merendam Perlengkapan Makan dan Minum Bayi
 

source: https://www.cleanipedia.com/


Setelah sudah dicuci dan dibilas menggunakan air mengalir. Kamu bisa melakukan proses sterilasasi dengan melakukan cara mudah dan paling banyak dilakukan para moms yaitu dengan meredam perlengkapan makan dan minum bayi di dalam air yang direbus selama 10 menit. Cara tersebut terbilang ampuh untuk mengusir kuman dan bakteri yang ada pada perlengkapan makan dan minum Si Kecil.


 

4. Keringkan Perlengkapan Makan dan Minum Bayi
 

source: https://www.cleanipedia.com/


Banyak orangtua yang justru membiarkan perlengkapan makan dan minum bayi di dalam air. Padahal hal itu akan membuat bakteri dan kuman kembali menempel lho moms. Karena itu, sebaiknya segera keringkan perlengkapan makan dan minum bayi setelah itu langsung di simpan di tempat penyimpanan atau wadah yang bersih dan higienis.
 
Akan tetapi, masih banyak orangtua yang ragu apakah perlengkapan makan dan minum Si Kecil sudah terbebas dari bakteri dan kuman atau belum. Nah, daripada moms kini sudah tersedia alat dari Panasonic yang dapat menjamin perlengkapan makan dan minum moms dan keluarga terbebas dari kuman dan bakteri.

 

baca juga
source: http://www.panasonic.com/id/consumer/kitchen-applicances/dish-dryers/fd-s03s1.html


Ya, Panasonic Dish Dryer merupakan alat yang dapat mengeringkan perlengkapan makan dan minum moms beserta keluarga hingga benar-benar tidak ada bakteri dan kuman yang menempel terutama bakteri E-Coli dan Staphylococcus aureus yang salah satunya dapat menyebabkan diare, padahal bakteri adalah penyakit mematikan yang dapat mengancam keselamatan sang buah hati lho.
 
Tak hanya itu, Panasonic Dish Dryer juga sangat praktris dan higienis lho moms karena raknya terbuat dari bahan stainless steel sehingga tidak mudah berkarat, bahkan gampang dilepas dan dibersihkan juga moms. Panasonic Dish Dryer ini juga memiliki ruang penyimpanan yang luas, sehingga moms bisa mengeringkan peralatan makan yang besar sekalipun.
 
Soal listrik, moms tak perlu khawatir karena Panasonic Dish Dryer ini berdaya listrik 236-256 watt yang sangat hemat listrik, jadi kamu tak perlu khawatir akan mengeluarkan budget besar untuk membayar listrik. Proses pengeringannya pun hanya memerlukan waktu 20 menit saja, sangat cepat dan seluruh perlengkapan kamu sudah terbebas dari kuman dan bakteri. Panasonic Dish Dryer juga dapat membersihkan berbagai macam perlengkapan makan dan minum lho seperti, melamin, kaca atau gelas, plastik keras hingga metal atau logam lho moms. So, tunggu apalagi yuk segera beli!