Diare adalah kondisi di mana kamu mengalami buang air besar lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Tak hanya itu, diare juga ditandai dengan tinja yang lebih encer atau cair. Nah, umumnya diare disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit dari makanan maupun tempat makan yang tidak bersih.
 
Jika pada orang dewasa diare, diare adalah hal biasa. Namun tidak untuk anak apalagi bayi lho moms. Pasalnya, diare menjadi salah satu penyakit berbahaya yang bahkan bisa mengancam kesehatan dan keselamatan bayi. Tak hanya itu, menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) setiap 1,5 tahun bayi atau anak-anak meninggal dunia karena diare.
 
Tapi kamu tak perlu khawatir moms, jika diatasi dengan benar dan tepat maka Si Kecil akan terbebas dari bahaya dibalik diare. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak tips mengatasi diare pada anak moms yang sudah terbukti ampuh lho.


1. Tetap Memberikan Makanan dan Minuman Sehat
 

source: https://www.rookiemoms.com/

Pasti tak sedikit para orangtua yang merasa bingung kenapa Si Kecil bisa mengalami diare. Padahal moms selalu yakin bahwa makanan yang dibuat dan diberikan kepada Si Kecil sehat dan bersih. Tapi walaupun begitu, saat Si Kecil diare sebaiknya moms tetap memberikan Ia makanan dan minuman seperti biasa ya moms.
 
Akan tetapi mungkin kamu bisa membuat menu makanan yang lebih kreatif dengan tekstur yang lebih lunak, seperti bubur tim atau buah. Pasalnya anak yang mengalami diare biasanya mengalami nafsu makan yang menurun karena merasakan ada yang tidak nyaman pada perutnya. Tetap mendapatkan asupan makanan dan minuman yang bernutrisi juga bertujuan agar Si Kecil tidak lemas akibat banyaknya cairan yang keluar.
 
Urusan makan pun juga perlu diperhatikan moms, kamu bisa memberikan kuah sup, jus apel dan pisang untuk mencegah dehidrasi. Tak hanya itu, kamu juga sebaiknya jangan memberikan sayuran yang susah dicerna.


 

2. Perbanyak Memberikan Cairan
 

source: http://ibudanmama.com/


Saat diare, umumnya anak akan mengalami dehidrasi akibat banyaknya cairan yang keluar. Sedangkan dehidrasi pada anak juga dapat berbahaya untuk kesehatannya lho. Nah, karena itu moms diharuskan untuk memperbanyak memberikan cairan pada anak. Para ahli menyarankan sebaiknya moms memberikan cairan setiap anak buang air besar. Tujuannya adalah cairan tubuh yang hilang bersama feses dapat segera di ganti.


 

baca juga

3. Memberikan Larutan Oralit
 

source: http://badminton.lmb.its.ac.id/?p=156


Banyaknya cairan yang keluar akibat diare memang dapat membahayakan kesehatan Si Kecil lho moms. Karena itu, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang moms dapat memberikan larutan oralit atau gula garam kepada Si Kecil.
 
Cara membuatnya pun juga terbilang mudah lho moms. Kamu hanya perlu melarutkan air putih dengan enam sendok teh gula dan setengah sendok teh garam. Berikan larutan oralit ini sehabis anak buang air besar dan sebaiknya jangan memberikan larutan ini sekaligus tapi berikanlah secara bertahap dan perlahan.


 

4. Memastikan Kebersihan Tempat Makan dan Minum Si Kecil
 

source: https://www.bienvenidos.com/


Salah satu penyebab diare yang paling banyak dialami orang karena terkena bakteri, kuman maupun parasit yang menempel di makanan atau tempat makan seperti bakteri E-Coli dan Staphylococcus aureus. Karena itu, pastikan kalau perlengkapan makan Si Kecil selalu bersih dan bebas dari bakteri. Bagaimana caranya?
 
Tak sedikit orangtua yang masih melakukan kesalahan saat membersihkan perlengkapan makan Si Kecil, sehingga masih banyak bakteri atau kuman yang menempel. Nah, agar kesehatan keluarga tetap terjaga, moms dapat menggunakan Dish Dryer dari Panasonic yaitu alat yang dapat mengeringkan perlengkapan makan hingga terbebas dari ancaman kuman dan bakteri terutama bakteri E-Coli dan Staphylococcus aureus yang menjadi penyebab diare, kolera, penyakit kulit hinggal gagal ginjal.

 

baca juga
source: http://www.panasonic.com/id/consumer/kitchen-applicances/dish-dryers/fd-s03s1.html


Tak hanya perlengkapan makan Si Kecil, tapi moms juga bisa membuat seluruh perlengkapan makan di rumah terbebas dari kuman dan bakteri karena Panasonic Dish Dryer ini memiliki penutup yang dapat dibuka lebar sehingga bisa memasukkan peralatan makan yang berukuran besar sekalipun.
 
Moms juga tak perlu khawatir, karena Panasonic Dish Dryer ini dapat mengeringkan seluruh peralatan makan baik yang berbahan melamin, kaca atau gelas, plastik keras maupun metal/logam. Tak hanya itu, produk ini hanya berdaya listrik 236-256 watt sehingga sangat irit lho moms. Tunggu apalagi, yuk buruan beli Panasonic Dish Dryer agar kesehatan keluargamu tetap terlindungi.