Mengembangkan kecerdasaan dan kreatifitas Si Kecil bukanlah hal yang sulit kok moms. Asalkan dirangsang dengan tepat maka Si Kecil akan tumbuh menjadi sosok anak yang cerdas dan tentu saja membanggakan.

Namun, dalam mengembangkan kecerdasaan anak ada beberapa hal penting yang harus moms perhatikan yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasaan emosional, kecerdasaan motorik serta kecerdasaan komunikasi. Nah, perlu diketahui moms bahwa hal tersebut harus berjalan dengan bersamaan sehingga kecerdasaan anak dapat berkembang dengan maksimal.
 
Salah satunya yang harus moms lakukan adalah dengan merangsang motorik halus dan kasar Si Kecil dengan melakukan beberapa hal sederhana dan mudah yang dapat moms lakukan di rumah. Namun, sebelum itu ketahui dulu yuk moms apa itu motorik halus dan motorik kasar seperti berikut ini.
 
Motorik halus adalah kemampuan yang berkaitan dengan fisik atau yang melibatkan otot kecil serta koordinasi mata dan tangan. Sedangkan motorik kasar merupakan gerakan tubuh yang memang melibatkan otot-otot besar atau seluruh anggota tubuh. Lalu, apa yang harus moms lakukan untuk merangsang motorik halus dan kasar Si Kecil? Yuk, simak di bawah ini moms.



1. Motorik Halus
 

source: https://www.thespruce.com

 

  • Membuka kepalan tangan Si Kecil dengan cara menyentuh jarinya satu persatu, lalu luruskan.
  • Memberikan mainan yang memiliki pegangan dan juga bisa digigit agar Si Kecil dapat terus menggenggamnya.
  • Pijat jari bayi dengan lembut dan berikan mainan lembut yang warna-warni serta bunyikan bunyi untuk memancing reaksinya.
  • Lalukan gerakan tangan menyilang di dadanya moms untuk meningkatkan kekuatan otot lengan atas, bahu dan juga punggung atas.
  • Menaruh mainan warna-warni di depan Si Kecil, lalu biarkan Ia meraih mainan itu sendiri.
  • Memberikan mainan yang berwarna kontras agar Ia sudah mulai dapat mengenal warna.
  • Mengajak Si Kecil bermain bersama, seperti melakukan gerakan yang memerlukan keterampilan tangan, seperti meminta Si Kecil meniru gerakan moms mengepal dan membuka tangan sembari bernyanyi.
  • Memberikan benda yang bisa digenggam seperti sendok, garpu yang memang dikhususkan untuk bayi.
  • Berikan mainan susun warna-warni dan ajari Si Kecil untuk memasukkan mainan itu ke dalam tempat yang sudah disediakan. Gunanya adalah untuk melatih kemampuan koordinasi mata dan tangannya.




2. Motorik Kasar
 

source: https://kaboutjie.com

 

  • Membelai kepala dan leher belakang Si Kecil agar Ia dapat mengangkat kepalanya.
  • Baringkan Si Kecil dalam posisi terlentang, lalu bantu Ia untuk membalikkan posisi tubuhnya.
  • Untuk melatih otot lehernya, moms bisa membaringkan Si Kecil dalam posisi tengkurap. Kemudian bunyikan mainan dari atas atau depan Si Kecil agar ia dapat mengakat kepalanya.
  • Walaupun pada usia enam bulan Ia belum bisa berdiri, namun kamu sudah bisa melatihnya dengan membuat Si Kecil duduk saat sedang digendong atau diletakkan di kereta bayi.
  • Merangkak bersama Si Kecil ternyata dapat membantu menyeimbangkan badan Si Kecil lho moms.
  • Meletakkan mainan di tempat yang dapat Ia jangkau dan pindahkan. Moms dapat memberikan semangat agar Ia dapat menggapai benda itu.
  • Mengajak Si Kecil berlatih jalan di rumput atau taman.
  • Pegang kedua tangan Si Kecil saat mengajarinya belajar berjalan. Tak lupa juga untuk memberinya semangat dengan memintanya untuk mengayunkan kakinya selangkah demi selangkah.

 
baca juga

Namun agar proses merangsang motorik halus dan kasar Si Kecil berjalan dengan lancar. Ada beberapa hal yang harus moms perhatikan lho seperti selalu menjaga ruangan selalu segar dan higienis agar Si Kecil dapat menerima dan melakukan apa yang moms ajarkan dengan baik karena merasa nyaman di rumah. Nah, untuk membuat ruangan tetap higienis serta steril dari kuman dan bakteri, moms dapat menggunakan Air Purifier dari Panasonic.
 

source: http://www.panasonic.com/id/consumer/home-appliances/fans-air-purifiers/air-purifier.html


Teknologi NanoeTM yang dimiliki oleh Panasonic Air Purifier selain dapat menetralisir udara di ruangan agar tetap higienis dan terbebas dari kuman dan bakteri ternyata juga dapat menghilangkan bau tak sedap apapun dalam sekejap lho moms. Jadi tentu saja dapat membuat Si Kecil tambah nyaman dan betah berada di rumah saat bermain dengan moms.
 
Tak hanya itu saja, moms. Teknologi NanoeTM yang dimiliki oleh Panasonic Air Purifier juga terbukti dapat membantu mengembalikkan kelembaban kulit moms dan keluarga. Jadi kesehatan kulit moms dan keluarga pun tetap terjaga lho. Yuk, lindungi kesehatan keluarga dengan menggunakan Air Purifier dari Panasonic ya moms.