1. Pisang

Pisang adalah buah yang sangat baik untuk bayi, karena mengandung karbohidrat yang memberikan energi yang berkelanjutan. Selain itu, sangat bagus dikonsumsi untuk mendukung kerja sistem pencernaan. Saat menyajikan pisang untuk bayi, haluskan terlebih dahulu ya, Moms. Untuk bayi yang sudah bisa makan sendiri, kamu bisa memotongnya dengan ukuran kecil, lalu dikonsumsi sebagai finger food. 
 

source: https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-bananas


 

baca juga

2. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber potasium, vitamin C, serat dan beta karoten yang sangat baik. Selain itu kaya akan antioksidan yang membantu mencegah jenis kanker tertentu dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan manfaatnya yang besar itu, maka selalu masukkan ubi jalar ke dalam menu harian bayi. Ubi jalan memiliki rasa manis alami sehingga bayi pasti menyukainya. Agar mudah dikonsumsi, haluskan ubi jalar sebelum diberikan untuk bayi ya, Moms! 
 

source: https://www.annabelkarmel.com


 

3. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan protein tertinggi dari buah apapun dan kaya akan lemak monounsaturated, yakni jenis lemak "baik" untuk mencegah penyakit jantung. Ambil alpukat yang matang, lalu haluskan sebelum memberikannya kepada si kecil. Karena lemaknya tinggi, alpukat bisa cepat membuat bayi merasa kenyang. Jadi berikan alpukat ini dengan porsi kecil bersama dengan makanan lain seperti puree ayam atau daging. 
 

source: http://www.myrecipes.com


 

baca juga

4. Telur

Superfood yang baik untuk tumbuh kembang bayi selanjutnya adalah telur. Telur merupakan makanan dengan nutrisi yang sangat komplit. Putih telur kaya akan protein, sementara kuning telur mengandung seng dan vitamin A, D, E, dan B12. Bagian kuning juga memiliki kolin, yang penelitiannya menunjukkan sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan otak. Dahulu telur dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi alergi pada anak, namun kini sangat dianjurkan agar diberikan lebih dini. 
 

source: https://www.marketbasketfoods.com


 

5. Wortel

Wortel mengandung banyak beta-karoten. Beta-karoten akan berubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan berperan dalam pertumbuhan dan penglihatan yang sehat. Wortel juga memiliki rasa manis yang alami, sehingga bayi akan menikmatinya. Saat membuat wortel untuk si kecil, pastikan dimasak sampai sangat lembut. Atau potong wortel seperti bentuk dadu dan sajikan sebagai finger food. 

source: http://napavalleyregister.com