Pengertian Menyapih

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Weaning With Love, ada baiknya mengetahui pengertian menyapih atau weaning lebih dahulu. Menyapih adalah proses di mana berhentinya masa-masa menyusui secara perlahan atau langsung. Atau dengan kata lain, anak sudah tidak lagi menyusu kepada ibu dan mulai mengenal makanan padat. Karena melibatkan antara ibu dan anak, maka ada menyapih merupakan pengalaman emosional di antara mereka. 
 
Pengertian Menyapih
source: http://www.emmasdiary.co.uk


Nah, weaning atau menyapih ini ada 2 jenis. Apa saja? 

1. Natural leaning (penyapihan alami), di mana proses penyapihan terjadi secara alami dalam artian tidak dipaksa dan menyesuaikan dengan tahap perkembangan anak. 

2. Mother led weaning yaitu proses penyapihan ditentukan sendiri oleh ibu. Apabila ibu merasa sudah saatnya si anak dihentikan dari proses menyusui, maka ibu akan melakukan beragam cara agar anak tidak menyusui.

 

Apa Itu Weaning With Love (WWL)?

Jadi WWL adalah salah satu metode penyapihan yang cukup dianjurkan dilakukan para ibu. Proses penyapihannya seperti natural weaning (penyapihan alami), di mana dilakukan tanpa paksaan dan secara perlahan. Dengan kata lain proses penyapihan dilakukan dengan penuh cinta oleh Sang Ibu kepada anaknya. 

WWL umumnya dimulai dengan pre-weaning, yaitu masa-masa mengurangi frekuensi menyusui secara bertahap. Saat mengurangi frekuensi menyusui, Moms tetap memberikan kenyamanan kepada si kecil misalnya dengan memberikan belaian, pijatan lembut, bermain bersama, mendongeng dan sebagainya. Jadi, dalam metode WWL tidak ada paksaan, seperti yang dilakukan orangtua pada zaman dahulu seperti mengolesi sesuatu yang pahit pada payudara sehingga anak enggan menyusu. 
 

Apa Itu Weaning With Love (WWL)?
source: http://babyology.com.au


 

baca juga

Tips Agar WWL Lancar

1.Kurangi Menyusui dengan Bertahap
Proses WWL memang membutuhkan kesabaran, karena memang dilakukan dengan penuh cinta. Sebagai tahap awal WWL, Moms harus mengurangi frekuensi menyusui. Kalau biasanya menyusui lebih dari 4 kali dalam sehari, maka saat proses menuju WWL, cukup menjadi 2 kali dalam sehari. Hindari langsung tidak menyusui sama sekali, karena malah akan membuat proses WWL tidak berhasil. 

 

Tips Agar WWL Lancar
source: https://attachmentparenting.co.uk/


2. Alihkan Perhatian Anak
Nah, di saat-saat waktunya menyusui tiba, maka Moms perlu mengalihkan perhatian anak dengan mengajaknya melakukan hal-hal yang membuatnya senang. Misalnya bermain bersama, mengajak jalan-jalan, mendongeng dan lain-lain. Kalau Moms rutin menerapkan hal ini maka WWL akan berhasil. 
 


3. Minta Anak Bekerja Sama
Tak ada salahnya Moms memberitahu kepada anak bahwa sudah saatnya ia tidak menyusu lagi. Berikan pengertian kepada anak bahwa usianya sudah cukup besar. Katakan hal ini dengan lembut kepada anak. Mungkin pada awalnya langkah ini belum berhasil, tapi jangan pernah berhenti untuk mencoba ya, Moms!


4. Hindari Stres
Proses penyapihan memang membutuhkan waktu dan tidak selalu berjalan mulus. Oleh karena itu Moms perlu bersabar dan tidak boleh stres. Setiap anak memiliki kesiapan penyapihan yang berbeda-beda, jadi hindari membanding-bandingkan dengan anak orang lain. Perbandingan itu malah akan membuat Moms tertekan dan merasa tidak berhasil. 

GOOD LUCK!