1. Minta Rekomendasi Kerabat ataupun Sahabat

Kalau Moms memiliki beberapa kenalan ibu lainnya yang anaknya kebetulan memiliki kondisi yang sama dengan si kecil, maka mintalah rekomendasi dokter anak yang dipakainya. Meminta rekomendasi dari kerabat atau sahabat adalah cara yang mudah untuk mendapatkan beberapa nama dokter anak untuk menangani si kecil. 
 
source: http://www.sheknows.com


 

baca juga

2. Perhatikan Jadwal Dokter

Tips selanjutnya adalah coba cek ketersediaan atau availability dokter anak pilihanmu. Apakah ia termasuk dokter yang mudah ditemui ataupun punya banyak pasien atau tidak. Kalau perlu, mintalah nomor telepon pribadi si dokter, agar Moms mudah menghubunginya. 


3. Memiliki Pandangan Kesehatan yang Sama
Perlu banget memilih dokter anak yang memiliki pandangan kesehatan yang sama denganmu, Moms. Misalnya jika kamu pro ASI maka kamu butuh dokter yang juga pro ASI. Pokoknya, Moms perlu nyaman dengan nasihat yang dianjurkan oleh sang dokter. Apabila pandangan kalian berseberangan, Moms dan si dokter tetap saling menghargai satu sama lain, dan tidak memaksakan pandangan masing-masing. 
 

source: https://www.westchesterhealth.com


 

4. Cek Klinik atau Rumah Sakit Tempat Dokter Anak Bertugas

Saat berkunjung ke dokter anak pertama kali, jangan lupa untuk mengecek ruang periksa dan area tunggu. Beberapa pertimbangan yang perlu Moms perhatikan adalah apakah tempat itu bersih dan ramah keluarga? Apakah staf di klinik ramah dan baik hati? Adakah daerah tunggu yang terpisah bagi mereka yang sakit dan mereka yang sehat?
 

source: https://woman.thenest.com


 

baca juga

5. Caritahu Proses Pemeriksaan yang Dilakukan Dokter

Poin yang tak kalah penting dalam memilih dokter anak yang tepat adalah coba mencari tahu apakah dokter berinteraksi langsung dengan anak-anak secara terbuka, tulus dan ramah.  Apakah ia menjelaskan hal-hal dengan cara yang bisa dimengerti? Apakah ia bersedia meluangkan waktu untuk menjawab semua pertanyaan orangtua pasien. Hal ini sangat penting, Moms karena menyangkut dengan kesehatan si kecil. 
 

source: https://www.verywell.com


Semoga menemukan dokter anak yang cocok untuk si kecil ya, Moms!