Selama masa kehamilan, ukuran payudara akan semakin bertambah dengan rata-rata peningkatan lebar sebesar 5 cm dan berat 140 gram. Terjadinya perubahan ukuran bra ini sudah sepatutnya menjadi pertimbangan kamu dalam memilih bra hamil yang tepat. 
 

source: https://www.merries.co.id/


 

Penggunaan Bra Kawat Saat Hamil


Sebagian ibu hamil memilih bra kawat untuk dipakai saat hamil dengan beberapa alasan. Diantaranya adalah karena rasa nyaman sudah terbiasa dengan bra kawat sejak dulu. Di sisi lain, ada juga yang beranggapan bahwa bra kawat dalam menjawab kekhawatiran mereka ketika ingin menjaga payudara tidak kendur karena memberat dan membesar. Akan tetapi, apakah penggunaan bra kawat saat hamil itu aman?
 

source: https://id.aliexpress.com/


 

baca juga

Bahaya Menggunakan Bra Kawat Saat Hamil


Sebenarnya penggunaan bra kawat tidak akan mengganggu kehamilan. Jika sebagian ibu hamil memilih menggunakan bra kawat, hal itu tidak akan menimbulkan masalah serius. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri, rasa tidak nyaman dan nyeri akan terasa pada bagian payudara yang terus membesar dan memberat. 

 

source: http://palembang.tribunnews.com/


Di sisi lain, para dokter ternyata tidak menyarankan penggunaan bra berkawat saat hamil. Hal ini disebabkan kawat pada bra dapat menimbulkan gangguan pada perubahan alami bentuk serta ukuran payudara. Apalagi jika bra kawat yang digunakan terlalu kencang dan ketat, maka aliran darah pada payudara dapat terhambat. Bahkan, juga dapat berisiko sistem saluran air susu yang sedang dalam proses perkembangan. Inilah yang memicu terjadinya radang payudara.
 

Tips Memilih Bra Saat Hamil


Nah, agar tidak salah pilih, berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih bra yang tepat saat hamil :

  • Penyangga Payudara
    Payudara ibu hamil yang terus tumbuh dan membesar perlu disangga dengan tali bra yang lebar dan kuat. Pastikan tali bra yang kamu pilih cukup lebar dan elastis sehingga dapat menyangga payudara dengan lebih baik.
  • Ukuran Cup
    Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah ukuran cup. Carilah bra dengan cup yang cukup lebar dan dapat menutup hampir sebagian besar payudara. Bra seperti ini akan membuat kamu merasa lebih nyaman karena dapat menjaga seluruh area payudara dengan baik. 
  • Ukuran Bra Harus Tepat
    Jangan pilih ukuran bra yang besar dengan harapan agar awet dipakai sampai kehamilan trimester akhir. Jika kamu melakukan itu, kamu akan tidak nyaman selama kehamilan hanya untuk menghemat pembelian bra.
  • Prioritaskan kenyamanan
    Pilih bra yang nyaman dari segi bahan dan bentuk. Hindari bra yang terlalu banyak aksesoris karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat dipakai. Utamakan juga bahan katun yang menyerap keringat dan lembut agar tidak gerah saat dipakai.

 
source: http://www.dailymail.co.uk/


Itulah beberapa tips memilih bra yang tepat untuk para ibu hamil. Utamakan kenyamanan adalah hal yang harus diperhatikan saat memilih bra. Semoga bermanfaat, ya!