Payudara


Memasuki usia kandungan 6 minggu, kamu sudah akan merasakan perubahan ukuran dan bentuk payudara. Dimulai dari timbul rasa nyeri hingga gatal yang menandai adanya hormon yang bekerja pada perubahan bentuk organ menyusuimu. Perubahan bentuk ini terjadi untuk mempersiapkan perkembangan kelenjar susu yang akan memproduksi ASI bagi bayimu. Persiapkan diri untuk membeli bra dengan bentuk dan ukuran baru agar dapat menyesuaikan bentuk payudara kamu yang berubah.
 

Payudara
source: http://pregnancy.lovetoknow.com/


 

Kulit


Salah satu organ yang juga terpengaruh kerja hormon tubuh seorang ibu hamil adalah kulit. Sebagaian wanita akan mendapati kulitnya menjadi lebih cerah dan glowing saat hami. Fenomena ini disebut dengan pregnancy glow. Akan tetapi, sebagian lain mengalami perubahan hormon dan tambahan darah yang pada kahirnya menimbulkan gejala bintik-bintik dan jerawat. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena akan kembali normal setelah hamil.
 

Kulit
source: http://www.marieclaire.com/


 

baca juga

Perut


Bagian tubuh yang pasti akan mengalami perubahan signifikan selanjutnya adalah perut. Seiring dengan bertambahnya usia kandungan perut akan semakin membesar. Akan tetapi, ukuran kehamilan tiap orang berbeda tergantung dengan ukuran dan posisi bayi. Selain itu, ibu hamil bayi kembar juga akan memiliki perut yang lebih besar. 
 

Perut
source: http://mypregnanthealth.com/


 

Stretchmark


Perubahan tubuh yang juga akan muncul, terutama setelah kehamilan adalah timbulnya stretchmark pada kulit bagian tubuh yang membesar. Stretchmark biasanya akan muncul pada area parut, payudara, paha, lengan, dan bokong. Untuk mencegah munculnya stretchmark dapat dilakukan dengan melakukan perawatan seperti mengoleskan minyak zaitun setiap hari pada area-area yang berisiko muncul stretchmark, menjaga hidrasi tubuh, dan mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak baik.
 

Stretchmark
source: http://www.stylecraze.com/


 

baca juga

Pembengkakan Kaki


Terakhir, bagian tubuh yang juga akan berubah adalah telapak kaki. Kondisi telapak kaki yang membengkak ini biasa dikenal dengan sebutan edema. Edema merupakan kondisi di mana seorang ibu hamil kelebihan cairan sehingga menumpuk di bagian kaki. Hal ini normal terjadi karena saat hamil, kamu memang akan membutuhkan banyak cairan yang nantinya akan disimpan dalam jaringan tubuh. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan sebab akan kembali normal setelah persalinan.
 

Pembengkakan Kaki
source: http://www.biogetica.com/