Jadi Ibu pekerja alias working mom pasti punya rasa rasa galau ga karuan kangen anak saat bekerja. Saya pun begitu. Saat hari Senin tiba rasanya ingin di rumah saja, mengurus anak dan rumah. Sebenernya saya menganut paham bukan frekuensi bertemu tapi kualitas bertemu dengan anak yg penting. Karna percuma kan kita ketemunya sering tp kualitasnya minim. Maka dari itu, saya mau sharing beberapa tips untuk working mom agar memiliki kualitas saat bertemu anak dan mengetahui tumbuh kembangnya:

1. Ajak main si kecil kala pulang kantor. Dan pastikan moms lepas dari gadget. Agar lebih intim lagi bersama anak.
2. Minta foto dari yang mengasuh anak setiap dua jam sekali dan video call dikala istirahat. Rasa kangen seketika hilang sementara
3. Minta yang mengasuh mencatat aktivitas penting anak. Berapa kali minum susu, makannya bagaimana, cemilannya bagaimana, BAK dan BAB nya bagaimana
4. Agar tidak merasa kecolongan milestones anak, misal saat pertama kali merangkak, pertama kali berdiri, dan lainnya, minta yang mengasuh mengambil momen tersebut di dalam sebuah video ataupun foto.
5. Selalu menyiapkan kebutuhan anak sebelum bekerja. Dan memberikan notes kepada yang mengasuh apa saja dan kapan saja kebutuhan tersebut diberikan.
6. Memberikan salam sebelum berangkat kerja. Agar anak tahu, mamanya pergi sebentar untuk bekerja dan akan pulang lagi sorenya.
7. On weekend, usahakan dijaga trus sama mamanya atau papanya. Jadi make the most of quality time on weekend.
8. Last, berikan ASI trus-trusan dari baru lahir hingga minimal dua tahun. Seharian tak jumpa, terbayarkan sudah dengn anak yg maunya nempel mulu sama emaknya

Nah itu dia moms, beberapa tips dari saya. Saya menerapkan kedelapan hal tersebut, Alhamdulillah sampai sekarang anak saya masih tetap memilih mamanya dibanding yang ngasuh. Walau kadang saya suka galau, biasanya saya langsung telepon atau video call. Biar kangennya ilang hihi semoga working mom diluar sana selalu kuat yaaa.



Have a nice weekend!

xoxo,
Ummu Muaza