Halo buibuk, adakah disini yang sedang PMS ( premenstrual syndrome ) ? Kalo iya ngacung....

Image source : National Association Premenstual Syndorme

Ini yang saya alami saat ini, dulu ketika sebelum hamil, setiap kali PMS rasanya sakit sekali, melilit diperut, gak lama seluruh badan ikutan sakit, otomatis mood juga langsung jelek. Bawaanya marah-marah aja. Ya gak sih ? *nyari pembelaan*

Nah sekarang saya sudah melahirkan, anak sudah 2 tahun, tapi setiap kali PMS datang rasa sakitnya tetep ada, kalau dulu masih bisa tiduran seharian kalo sekarang, secara saya Ibu Rumah Tangga harus nahan-nahan dong, kalau saya ikutin sakitnya otomatis anak saya gak ada yang urus, karena saya juga gak pake ART ataupun Suster. 

Lagi PMS berhadapan sama anak 2 Tahun ? Sering emosi gak ? Double gak emosinya ? Kalo saya IYA BANGET. Hahahaha. Tapi ya saya berusaha untuk tidak melampiaskan emosi pada anak walaupun mood saya sedang berantakan, gimana caranya ?.

Image Source : Feminax Stay Active

Saya mengurangi kegiatan yang biasanya saya lakukan, seperti memasak, mencuci, menyapu, ngepel ( ini yang biasanya 2x sehari saya lakukan tp saat PMS ya sekali saja ). 

Gak masak, ya saya lebih milih untuk tidak masak, karena berdiri dan mikir mau masak apa saja dikondisi yang lagi PMS begini itu malah bisa memicu emosi, kesel, bete dll. Alternatif saya beli makanan jadi kayak capcay, ayam goreng mentega, mie goreng seafood atau jenis makanan lain yang porsinya bisa dimakan berkali-kali... laper euy jadinya. 

Lanjut, selain itu banyak istirahat, kalau terlalu banyak bergerak ya akhirnya makin emosi, berikan anak mainan, biarkan dia asyik main sendiri.. lalu kalau berantakan gimana ? DIAMKAN. Ya kalau saya memang saya biarkan berantakan, jadi kalau ayahnya pulang kerja biar ayahnya yang bersihin hhahhha.. mesti tebel-tebelin mata aja kalau lihat rumah berantakan, karena daripada saya emosi sudah dirapihkan nanti diberantakin lagi jadi saya biarkan saja. Dan suamipun harus bisa memahami kondisi istrinya. Kan gak setiap hari begini. 

Tidur, agak sulit sih tidur apalagi punya anak usia 2 tahun yang sudah mengerti “ gak mau tidur “ tapi kalau anak saya sih siang hari dia bisa tidur, jadi kalau anak saya tidur, saya juga tidur.

Minum atau makan yang lagi dipengenin, ini kuncinya sih, saya kalau lagi PMS pengennya makan yang pedeeeess banget sama minum yang seger-seger kayak es campur gitu hal ini malah bikin mood saya enak. 

Tiap perempuan pasti punya caranya yg beda-beda buat ngatasin PMS ya ada yg taruh botol panas di perut, minum obat pengilang sakit, jamu dll. Tapi dibalik itu sebagai Ibu rumah tangga tetep harus menjaga mood ya jangan sampai anak kita yang kena mood jelek dari kita sendiri, karena banyak juga hal kecil yang dilakukan anak itu ibarat hal besar yang kita lihat saat lagi PMS begini. 

 

Sekali lagi sabar ibuk hehehe.