Gigi bayi, walaupun baru tumbuh sebagian, misalnya, belum tumbuh sempurna, tetap harus dijaga. Karena bagaimanapun, gigi dan kesehatan mulut itu berpengaruh besar dalam pertumbuhan anak kita. Kalau kondisi mulut anak tidak sehat, sudah pasti asupan gizinya kurang terpenuhi. 


Fungsi  gigi susu itu sendiri sebagai fungsi pengunyahan, fungsi bicara (termasuk untuk melafalkan huruf konsonan) karena dengan dukungan gigi geligi maka bayi bisa mulai berlatih pengucapan kata2 dengan jelas, dan juga sebagai fungsi estetik, bisa dibayangkan, ketika anak tersenyum, lalu giginya hitam-hitam kan sayang ya moms. Dan yang terakir, gigi susu berperan untuk penentu arah tumbuhnya gigi permanen. 

Kadang-kadang banyak orang tua yang kurang mengerti dan mikirnya "ah gigi susu ini, tar jg copot sendiri" itu salah banget ya moms, karena sebenarnya kalau sampai gigi susu tanggal (copot) sebelum waktunya, itulah yang menyebabkan akhirnya gigi permanennya tumbuh berantakan, karena nantinya si gigi permanen ini tumbuhnya tidak sesuai di tempatnya seharusnya tumbuh. 

Image Source: https://goo.gl/images/eHSGMN

Cara membersihkan gusi dan gigi pada bayi:

1. Setiap hari sehabis makan, dan sebelum tidur, bersihkan gusi dengan lap yang dibasahi dengan air matang. Sebaiknya sudah dilakukan dari sebelum gigi tumbuh.

Image Source:https://goo.gl/images/1DbdXu

2. Ketika gigi sudah mulai tumbuh, perkenalkan dengan sikat yang lembut. Ketika menyikat gigi, gusi ikut disikat. Pada tahap ini, belum dibutuhkan odol, cukup basahi sikat gigi dengan air matang

3. Ketika gigi sudah tumbuh sempurna, mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras.


Image Source:https://goo.gl/images/vrpdLm

4. Anak masuk usia 3 tahun, pasta gigi ditambahkan sebesar kacang polong

5. Bantulah menyikatkan gigi anak, sampai anak bisa menyikat giginya sendiri sekitar umur 6 tahun. 

6. Ketika anak memasuki usia 3 tahun, mulailah ajak anak untuk berkunjung ke dokter gigi, untuk dilihat giginya, dimulai dengan memperkenalkan suasana tempat praktek dokter gigi dan alat-alatnya, agar anak terbiasa dan tidak takut untuk datang ke dokter gigi.

Pentingnya untuk datang dan mulai memeriksakan gigi anak ke dokter gigi sejak dini dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan gigi lebih lanjut.

Membiasakan anak belajar perilaku sehat, mengajari membersihkan gigi dan mulutnya sejak dini sangat penting, karena ketika gigi susu sudah berganti gigi permanen, sudah tidak bisa ada gantinya lagi untuk seumur hidup, kalau sudah rusak, tidak akan bisa diganti lagi dengan yang baru kecuali pakai gigi palsu. 
Jadi sebaiknya yuk kita rawat baik-baik gigi anak kita dari sekarang!