heyoo..
kali ini mau bahas tentang penanganan Diare pada anak, ini baru saja terjadi sama aurora, hufghhhh. selama 2 tahun aurora tuh jarang sakit, bisa di hitung untuk batuk pilek biasanya hanyaa 3 bulan sekali, diare ini PERTAMA KALINYAAA. 

saya termasuk ibu yang terlalu higienis kata orang sih haha, biar lah yang tau anak kita ya kita sendiri, saya gak mau auro terkena diare kalau saya tidak bisa menjaga kebersihan. saya paling tidak suka dengan kalimat  orang  dengan " Jangan terlalu bersih nanti anaknya gampang sakit ", makanan jatuh " gapapalah baru 5 menit ini ".
                BIG NO NO NO
" bukan guee bangettt. "



ya lagi lagi saya nulis disini berdasarkan
" INI PENGALAMAN GUE!!! 

2 minggu lalu anak saya BAB dengan teksture tidak biasa, inilah kelebihan mamak mamak, segala fases anak di teliti, warna fases anak bisa di pelototin :))) . kok teksturenya cair, warnanya hijau. ADA APOSEEEEE INDANGGGG, mikir mikir makan apa dia dari pagi? makanan semua aku yang masak!, kebersihan jangan di tanya semua serba di steril, kalo bisa tangan emaknya masuk steam sterilizer :))  hmmmmm oke saya tunggu sudah berapa kali dia BAB per hari.


image Source : http://www.laboratoriumglobal.com/2016/02/mengetahui-kesehatan-pencernaan-dengan.html

Ternyata dalam 1 hari, dengan durasi 6 jam BAB bisa 6 kali, dengan teksture yang sama, hijau dan encer, apakah ini sudah di katakan diare?? YEAS!!!

Diare adalah suatu infeksi usus yang menyebabkan keadaan fases encer dan berair, dengan frekuensi 3 kali perhari, bahkan bisa di sertai dengan muntah. 
selengkapnya  bisa baca di Milis sehat , http://milissehat.web.id/?p=511

Tata Laksananya Bagaimana?
Jangan panikkk buibuk, untuk diare ringan perawatannya hanya di rumah, waktu itu BAB aurora sehari 15 kali per hari, saya gak khawatir karena aurora masih banyak minum susu dan air putih dan oralit, yang penting cairan masuk untuk mengantisipasi dehidrasi pada anak, tapi ya namanya anak lagi sakit pasti susaaaah banget di suruh makan dan minum. ya kita semua pasti merasakannya sini kita bergandengan. 

di hari ke dua BAB dengan durasi 14x dalam perhari, anaknya aktif gak lemas masih oke lah perawatan di rumah aja, saat diare aurora demam hingga 39' manteng aja gak berubah, saya lebih khawatir ke demam dia, karena aurora sudah di wanti wanti oleh dokter syaraf untuk menjaga jangan sampai demam terlalu tinggi dan terlalu lama, anak anak seperti aurora rentan sekali kejang. jadi saya langsung minumkan paracetamol per 4 jam sekali.

Mari Bertempur Melawan Diare ;



1. Cairan Rehidrasi Oral ( CRO ) atau di sebut dengan oralit, ada yang berbentuk bubuk dan cair langsung minum, bisa di beli bebas di apotik, saya memakai Renalyte  atau Pedialyte.

2. Lacto B merupakan sebuah probiotik. Ia bersifat seperti vitamin yang memiliki kegunaan salah satunya adalah obat diare bagi balita. 

3. Zinkid , menggantikan zink yang hilang saat diare berlangsung, zink telah terbukti menurunkan frekuensi pada diare, serta mencegah  kambuhnya diare selama 2 sampai 3bulan. Selengkapnya http://milissehat.web.id/?p=1868\



4. Obat penurun panas untuk anak anak, berikan dengan durasi 4 jam sekali jika panas belum juga turun. 

5. Minyak kutus kutus , minyak ajaib saat anak sedang sakit Hehe , kalau diare pasti tidak  nyaman di bagian perut, saya balurkan ini setiap jam di perut aurora, agar selalu hangat.



6. Tabung steril untuk ambil sample fases, jika diare berlarut larut belum berhenti lebih baik cek Laboratorium. ( saya selalu sedia tabung steril agar cepat bisa di bawa ke lab, jaraknya 1 jam untuk bisa di teliti fasesnya jadi jangan terlalu lama ya, lalu di lab bisa bilang ke petugas kalau ingin test fases lengkap dengan darah samar.  kebetulan jarak rumah dengan lab tidak terlalu jauh , jadi ke dokter sudah langsung bisa baca hasil, praktis kan ).



6. Dermozone salep antiseptik untuk diapers rash. Duh ini tokcernya kebangetan lah. 


Saya selalu pantau bersama dengan dokter anak jadi semua saya catat dari BAB berapa kali per hari, berapa kalinobat yang masuk, dokter zaman now udah canggih yes , sekarang apa apa bisa via chatting dulu selama belum ada tanda gawat darurat.  

Hari ke tiga tekstur fases aurora belum berubah, durasi 8x sehari, masih banyak menurut aku, setelah test lab, dan buat appoitment dengan dokter, terbaca bahwa ada darah samar, dan diare ini terjadi karena bakteri, kata dokter sih bisa dari mana aja, bisa dari makanan, ya mungkin auro suka memasukan tangan . ya jika sudah jelas bakteri si biang keladinya masuklah obat Antibiotik sesuai dengan resep dokter, yang harus di habiskan selama 6 hari, jangan lupa oralit dan zink tetap di masukan, pelan pelan berikan makan, kalo gak nasfu makan ya jajan KIEFCI AJA.. Anaknya gak mau juga, ya emaknyaaaa gak papa ekhlas :))


See you on my next post beb :*