Nutrisi Sayuran Hijau Bagi Ibu Hamil


Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang merupakan sumber nutrisi, vitamin, serta mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Fungsi sayuran ini akan semakin penting jika seorang wanita sedang mengandung sebab sayuran dan nutrisinya akan membantu perkembangan janin dalam kandungan.
 

Nutrisi Sayuran Hijau Bagi Ibu Hamil
source: http://www.star2.com/


 

Kandungan Sayuran Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil


1. Asam Folat
Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang harus terpenuhi dengan baik oleh ibu hamil. Beragam sayuran seperti brokoli, kacang polong, asparagus dan kubis memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Pentingnya asam folat ini tidak boleh diabaikan sebab sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak dan tulang belakang bayi.

2. Kalsium
Konsumsi kalsium merupakan hal yang sangat penting bagi ibu hamil untuk proses mineralisasi dan kesehatan tulang. Hal ini berlaku untuk ibu dan janin sekaligus. Jadi, jangan lewakan konsumsi kalsium dalam bergam sayuran hijau seperti kangkung dan bayam.

3. Asam Lemak Omega-3
Asam lemak omega-3 memiliki manfaat untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf bayi. Sayuran seperti kubis, kembang kol, dan labu adalah beberapa sumber asam lemak baik yang dapat kamu konsumsi.

4. Fiber/serat
Sayuran mentah memiliki kandungan serat yang tinggi. Fungsinya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan yang sering mengganggu pada periode kehamilan.
 

Kandungan Sayuran Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil
source: http://doktersehat.com/


Begitu lengkapnya kandungan nutrisi dalam sayuran menimbulkan dilema. Apalagi mengingat banyak yang menyarankan untuk tidak mengonsumsi sayuran mentah saat hamil.

 

baca juga

Bahaya Mengonsumsi Sayuran Mentah Bagi Ibu Hamil


Pada dasarnya semua makanan mentah, termasuk daging dan sayuran, dapat memberikan risiko bagi kandungan. Hal ini disebabkan makanan yang masih mentah memiliki kandungan bakteri, virus, parasit, hingga bahan kimia peptisida yang dapat membahayakan kehamilan. Beberapa kasus juga menunjukan bahwa ibu hamil yang memakan sayuran mentah pada saat hamil dapat terkena tokso. Itulah sebabnya banyak yang menganjurkan untuk menghindari makanan mentah selama hamil.
 

Bahaya Mengonsumsi Sayuran Mentah Bagi Ibu Hamil
source: http://www.klikdokter.com/


 

Akan tetapi, kamu juga dapat mengakalinya dengan melakukan hal-hal berikut ini :

  1. Pilihlah sayuran yang memiliki kulit seperti mentimun yang dapat kamu kupas sebelum dimakan. 
  2. Rendam sayuran dengan air panas dan garam. Kemudian cuci bersih sayuran, dan langsung habiskan. Hindari menyimpan sayuran mentah untuk dimakan kemudian karena dapat tercemar bakteri.
  3. Hindari sayuran dengan bentuk kecambah dan sayuran lain yang sulit dipastikan kebersihannya meskipun sudah dicuci.