Mengatur Jarak Kelahiran


Pasti kamu sudah sangat familiar dengan anjuran pemerintah dalam merencanakan keluarga dengan mengatur jarak kelahiran anak. Mengatur kelahiran adalah sebuah langkah penting yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan ibu dan anak. Nah, untuk lebih lengkapnya, simak alasan pentingnya memberi jarak pada kelahiran anak berikut ini:


 


1. Mengoptimalkan Kesehatan Bayi

Idealnya, kelahiran anak perlu diberi jarak sekitar 2 hingga 5 tahun. Hal ini penting untuk memastikan kamu dapat fokus untuk memerhatikan tumbuh kembang serta kesehatan bayi pertamamu. Kehamilan juga akan mempengaruhi proses pemberian ASI eksklusif pada bayi. Jika kamu hamil saat masih memiliki bayi di bawah 2 tahu, anak ada kemungkinan bayi yang akan lahir memiliki berat badan yang rendah. 
 

Mengatur Jarak Kelahiran
source: https://www.curejoy.com/


 

baca juga


2. Memulihkan Kondisi Ibu

Hamil bukanlah kondisi yang mudah untuk dijalani oleh seorang wanita. Perubahan hormon, bentuk tubuh, hingga proses persalinan yang kerap kali menyebabkan luka membutuhkan masa recovery yang cukup untuk memastikan tubuh ibu sudah kembali normal dan siap untuk hamil lagi. Proses pemulian setelah hamil dan persalinan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi jika kamu melalui proses persalinan caesar yang perlu pengawasan dokter.
 

Mengatur Jarak Kelahiran
source: http://vbacfriendly.com/


 


3. Membangun Hubungan Dengan Anak

Saat kamu baru saja melahirkan, kamu tidak hanya perlu untuk fokus memfasilitasi tubuh kembangnya secara fisik, tetapi juga mental. Dengan memberi jarak pada kehamilan selanjutnya, kamu dapat membangun hubungan emosi yang lebih erat dengan sang anak. Fokusmu yang hanya tertuju padanya akan lebih mengoptimalkan pendidikan emosi, karakter, serta spiritualnya.
 

Mengatur Jarak Kelahiran
source: http://www.newkidscenter.com/


 

baca juga


4. Menghindari Anak Kekurangan Nutrisi

Saat hamil dan menyusui, kamu akan bertanggung jawab untuk memasok nutrisi pada bayi dalam kandungan ataupun yang kamu susui. Jika kamu hamil dan menyusui sekaligus, tentu nutrisi dan gizi yang akan diberikan menjadi lebih terbatas. Tidak hanya berisiko untuk bayi, kondisi ini juga dapat membuat kamu terancammenderita anemia atau kurang darah saat hamil. Untuk itu, rencanakanlah kehamilan dengan lebih matang.
 

Mengatur Jarak Kelahiran
source: http://www.beautifulbreastfeeding.com/


Meskipun banyak ibu yang berhasil membesarkan kedua anak dengan jarak yang terpaut dekat, tidak ada salahnya untuk lebih mengoptimalkan tumbuh kembang anak denga memberi jarak kelahiran.