1. Posisi Puting yang Tepat

Ketika pertama kali menyusui, ibu mungkin bingung soal bagaimana sebenarnya posisi puting yang tepat agar Si kecil nyaman ketika menyusu. Jika moms  belum mengerti, mungkin kamu bisa meminta bantuan ibu mertua atau perempuan yang sudah berpengalaman menyusui untuk membantu saat moms menyusui. Memasukan puting dengan tepat ke mulut bayi tidak hanya membuat Si kecil nyaman ketika menyusu, namun juga untuk menghindari puting moms terasa sakit atau perih ketika sedang menyusui. Selain itu carilah posisi duduk atau tiduran senyaman mungkin untuk moms dan Si kecil. 

source: https://livescience.com

2. Posisi Nyaman

Menyusui memang kegiatan yang lumayan menguras tenaga, oleh sebab itu moms harus mencari posisi senyaman mungkin agar tidak kelelahan atau pegal. Carilah kursi atau sandaran yang empuk dan nyaman, sehingga proses menyusui juga menyenangkan. Selain itu sebaiknya gunakan sandaran seperti bantal sebagai pennyangga bagian pinggang moms agar tidak keram atau pegal, jika menyusui dalam waktu yang cukup lama. 

source: http://www.newkidscenter.com
baca juga

3. Kenali Tanda Jika Si Kecil Lapar

Namanya bayi belum bisa berbicara jika ia merasa haus atau lapar. Nah, di sini moms harus mengenali tanda atau sinyal ketika bayi merasa lapar. Biasanya ia akan memberi tanda seperti menangis, rewel, tangannya menjelajah area puting atau menghisap jari. Jika sudah menunjukkan tanda ini, moms sebaiknya segera menyusui Si kecil. Biasanya bayi menyusu 10-12 kali dalam sehari dari pagi hingga malam. Namun moms tak perlu khawatir ASI berkurang, karen semakin sering moms menyusui, maka produksi ASI semakin banyak. Tapi jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi agar produksi ASI jadi lebih melimpah

source: https://bbci.co.uk

4. Gunakan penyangga tubuh bayi


Untuk mencegah moms kelelahan menopang tubuh Si kecil, sebaiknya gunakan penyangga seperti bantal atau busa yang lembut. Kemudian letakkan bantal di pangkuan, setelah itu letakkan tubuh Si kecil diatas bantal. Ketika bayi sudah siap untuk menghisap puting, maka perhatikan agar posisi kepala dan payudara moms bisa sesuai.  Tahu enggak sih moms, menyusui dengan menggunakan penyangga sangat baik untuk menjaga agar posisi tubuh bayi tidak berubah-rubah dan lebih nyaman saat menyusui.

source: https://id.pinterest.com