1. Inveksi Virus

Inveksi virus juga bisa menjadi penyebab munculnya batuk pada Si kecil, terlebih bayi masih sangat rentan dengan virus atau bakteri dari luar. Selain itu, batuk pada bayi juga bisa saja diikuti dengan gejala-gejala lain, seperti demam, hidung tersumbat, radang tenggorokan, mata merah, tidak nafsu makan, dan rewel. Untuk mengatasinya moms bisa membawa Si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. 

source: https://huffingtonpost.com

2. Bakteri

Bakteri datangnya bisa darimana saja dan bayi sangat rentan dengan yang namanya infeksi bakteri, misalnya dari udara atau penularan orang dewasa. Nah, jika bakteri ini terhirup oleh bayi, maka saluran pernapasannya akan terganggu dan menyebabkan batuk. Ada baiknya moms menjauhkan Si kecil dari benda-benda yang berpotensi mengandug bakteri atau menjauhkan orang-orang dewasa yang sedang terserang penyakit seperti flu atau batuk. 

source: https://amazonaws.com
baca juga

3. Masuk Angin

Cuaca yang tidak bersahabat seperti musim hujan, juga tidak menutup kemungkinan menyebabkan bayi terserang batuk. Gejala awal yang ditimbulkan biasannya flu dan demam lalu berlanjut pada batuk yang membuat bayi kesulitan untuk bernapas. Nah, saat batuk menyerang Si kecil juga akan sulit untuk menelan ASI atau susu formula. Selain itu jika Si kecil terserang batuk kering tetunya ini semakin membuatnya tersiksa karena rasa sakit yang akan ditimbulkan pada bagian dadanya. 

source: http://www.bhachc.org

4. Lingkungan yang Tidak Bersih

Lingkungan yang kurang bersih juga menjadi peyebab terbesar bayi terserang batuk, misalnya lantai yang kotor, kamar yang berdebu, asap rokok atau paparan polusi dari luar rumah. Nah, sebaiknya moms lebih menjaga kebersihan rumah atau menjauhkan Si kecil dari tempat-tempat yang rentan terdapat polusi atau debu.

source: http://momjunction.com