1. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Vitamin asam folat memang sangat berperan penting bagi ibu hamil untuk membantu rabung saraf bayi berkembang secara baik pada otak dan sumsum tulang belakang bayi. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah timbulnya risiko cacat tabung saraf bayi. Selain itu, asam folat juga dipercaya dapat mencegah terjadinya bibir sumbing dan kelainan jantung pada bayi.

source: http://home.isr.umich.edu

2. Menambah Sel Darah Merah

Tak hanya untuk si janin di dalam kandungan, asam folat bahkan baik untuk San ibu lho. Kurangnya asam folat dapat menyebabkan sel-sel darah merah lebih sedikit dan anemia. Jadi, pastikan moms rutin mengonsumsi asam folat sesuai anjuran dokter demi kehamilan yang sehat. Perlu diketahui Departemen Kesehatan merekomendasikan wanita mengonsumsi 400 mikrogram ( mcg ) suplemen asam folat per hari dan ini bisa dimulai tiga bulan sebelum moms mulai merencanakan kehamilan hingga 12 minggu pertama kehamilan.

source: https://Livestrong.com
baca juga

3. Mencegah Keguguran

Karena asam folat merupakan vitamin yang cukup penting bagi ibu hamil, maka ssam folat juga dapat mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil. Selain itu asam folat juga dapat mencegah berbagai gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan mencegah gangguan buang air kecil dan besar pada bayi. Tak hanya itu lho moms, asam folat juga bisa untuk mencegah cacat pada bagian langit-langit bayi. Rutinlah mengonsumsi vitamin asam folat sesuai anjuran dokter dan tetap mengonsumsi makanan bergizi dan kaya serat seperti sayur dan buah ya, moms. 

source: http://momjunction.com

4. Mencegah Depresi

Tidak dapat dipungkiri ibu hamil kerap mengalami berbagai perubahan kehamilan seperti perubahan psikologi seperti stres atau depresi ringan. Nah, dengan rutin mengonsumsi asam folat dapat mencegah gangguan psikologis atau rasa stres yang berlebih. Karena depresi yang dialami oleh ibu hamil ini dapat berpengaruh terhadap kondisi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan lho, moms. 

source: http://momjunction.com