Kebanyakan para ibu tidak mengetahui detail tips memompa ASI agar menghasilkan persediaan yang cukup banyak untuk si kecil saat ibu sedang tidak di rumah. Padahal untuk mendapatkan itu, kamu hanya perlu melakukan hal mendasar, mulai dari memompa ASI sesegera mungkin, 
Pompa ASI lebih awal, memompa di waktu yang tepat, melakukan pijat payudara, hingga menemukan pompa ASI yang tepat.
 

source: https://aufalactababy.com/


 



Pilihlah Jenis Pompa ASI yang Tepat

Memompa ASI pada dasarnya berbeda dengan memerah ASI. Saat memompa ASI, kamu membutuhkan perlengkapan pompa berupa alat manual atau mesin elektrik. Saat memilih pompa ASI, pastikan kamu mengetahui betul perbedaan dari jenis pompa satu sama lain. Hal ini berpengaruh pada kenyamanan kamu saat memompa ASI.
 

source: https://keluarga.com/


 

baca juga

Pastikan Kebersihan Tangan Dan Pompa ASI

Saat akan memompa ASI, pastikan tangan dan pompa yang kamu gunakan bersih dan steril. Selain untuk menjaga kebersihan dari ASI, pompa yang tidak bersih juga dapat menghambat proses pemompaan yang seharusnya berjalan dengan lancar. 

source: http://umihilma.com/


 


Pastikan Kamu Rileks Dan Santai

Jangan biarkan dirimu stres dan tertekan saat akan memompa ASI. Buatlah dirimu nyaman dan rileks dengan sejenak bersantai dari padatnya aktivitas dan pekerjaan. Kondisi mental yang tertekan akan membuat produksi ASI menjadi tidak lancar dan terhambat. Jadi, jangan lupa untuk terus menjaga mood, ya!
 

source: http://nakita.grid.id/


 

baca juga

Buatlah Jadwal Memompa ASI

Pastikan jadwal kamu memompa ASI sudah tepat untuk mendapatkan ASI berkualitas dengan jumlah yang berlimpah. Nah, berikut ini adalah waktu-waktu terbaik untuk memompa ASI :

  • Pagi hari, sekitar 1 jam setelah kamu menyusui agar ASI dapat terproduksi kembali. 
  • Saat kamu sedang santai, seperti waktu istirahat atau waktu senggang di akhir pekan.
  • Segera pompa ASI saat payudara terasa penuh. Dijamin ASI yang dihasilkan akan melimpah.
Ketahui tiap celah waktu luang dan jadikan saat-saat itu menjadi waktu rutin kamu memompa ASI.
 
source: http://www.onesmileymonkey.com/


Nah, itulah beberapa tips memompa ASI yang bisa kamu coba untuk menghasilkan ASI yang maksimal. Terus semangat dan jangan menyerah para ibu pejuang ASI!