Aturan Penggabungan Nama


Saat akan mempersiapkan nama bayi , beragam pilihan nama dengan makna indah pasti akan membingungkan. Akan tetapi, akan lebih meyakinkan apabila nama yang kamu pilih memiliki makna dan kesan tersendiri. Salah satunya dengan menggabungkan nama ayah dan ibu. Nah, berikut ini adalah aturan penting yang harus diingat tentang penggabungan nama ayah dan ibu : 

1. Susunan nama gabungan tidak harus mutlak dari gabungan nama utuh ayah dan ibu. Kamu dapa menggabungkan bagian suku kata atau huruf dari masing-masing nama.

2. Kamu dapat membuat nama atau rangkaian nama yang bersal dari salah satu makna nama ayah atau ibu, yang kemudian dicari nama padanannya. 

3. Kamu dapat menjadi lebih kreatif dengan mengubah susunan nama orang tua seperti ejaan, susunan kata, dan lain sebagainya.

 

source: https://www.aliexpress.com/


 

Gabungan Suku Kata/ Huruf Dari Nama Orang Tua


Tips pertama untuk mendapatkan nama gabungan yang bermakna adalah dengan menggabungan suku kata atau huruf dari nama kedua orang tua. Misalnya, jika nama ayah adalah "Handoyo" dan nama ibu adalah "Nadia", kamu dapat menggabungkan dua suku kata nama depan untuk anak perempuan atau suku kata depan dari nama ayah dan satu huruf dari nama ibu untuk nama laki-laki.

Ayah : Handoyo                           Ibu : Nadia
Anak perempuan : Hana            Anak laki-laki : Hadi
 

source: https://www.pinterest.com/


Kamu tidak perlu menggabungkan kedua nama orang tua secara utuh karena akan menghasilkan kata yang terlalu panjang dan kurang bagus.
 

baca juga

Sesuaikan Arti Pada Nama Anak


Jika namamu dan pasangan sulit untuk digabungkan, cobalah untuk menyesuaikan arti namamu dengan pilihan kata lain dengan makna yang sama. Untuk mendapatkan nama yang pas, kamu bisa mencari kata-kata dari bahasa lain yang unik dan enak didengar serrta diucapkan. Misalnya adalah untuk nama anak dengan arti "setia"

  • Tadashi (忠) (laki-laki Jepang) : setia
  • Faith (Perempuan Inggris) : setia
  • Fealty (perempuan Perancis) : setia
  • Lealia (perempuan Perancis) : setia
  • Wafiyyah (perempuan Arab) : setia
  • Fayth (perempuan Inggris) : setia
  • Hantaywee (perempuan Indian) : setia
  • Liana (perempuan Spanyol) : setia
  • Nkechi (perempuan Afrika) : setia
  • Armanda (perempuan Latin) : setia
  • Asmaranti (perempuan Jawa) : setia
  • Aufa (perempuan Arab) : setia
source: http://www.hullobaby.co.za/


 

Padukan Dengan Kreatif


Memilih suku kata tidak harus diambil dari ejaan yang sesungguhnya, lho. Kamu dapat mengutip nama ayah atau ibu jika dieja dari belakang. Misalnya untuk nama ayah "Said" dan nama ibu "Murtini", kamu dapat merangkat nama "Ardiastuti".

"Dias" berasal dari nama sang ayah yang dibalik : SAID menjadi DIAS. Kemduian dirangkai dengan suku kata terakhir "TI" dari nama ibu. Kemudian kamu dapat mengelaborasi nama menjadi Ardiastuti.
 

source: https://www.gofiddleheads.com/


Nah, itulah beberapa tips menggabungkan nama dua orang tua untuk menghasilkan nama bayi yang unik dan berkesan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!