Tidak semua ibu dapat dengan langsung memberikan ASI sesaat setelah proses persalinan. Beberapa diantaranya memerlukan waktu beberapa jam hingga beberapa hari agar dapat memproduksi ASI untuk bayinya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan botol dot yang khusus agar bayi tidak bingung puting. Selain itu, dot ini juga dapat digunakan untuk kamu para ibu bekerja agar bayi tidak asing dengan payudara saat kamu ingin memberikan ASI secara langsung.
 

source: http://online-rxshop.us/


 

Tips Memilih Botol Susu Untuk Bayi Baru Lahir


1. Cari Botol Bayi Dengan Bahan Yang Berkualitas Dan Aman

Bayi baru lahir akan memberikan respon yang sangat sensitif jika mendapatkan kontak langsung dengan benda-benda yang tidak sesuai. Karena itulah, penting bagi kamu untuk memeriksa material yang menjadi bahan dasar botol bayimu. Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui kualitas dari produk dot bayi adalah sertifikat bebas BPA.
 

source: http://medelaku.com/


Biasanya bahan dot yang banyak digunakan untuk bayi terbuat dari silikon karena memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut seperti payudara. Akan tetapi, tidak boleh sembarang silikon. Hanya silikon dengan kualitas produk food grade yang dapat kamu pilih agar dapat aman saat digunakan.
 

baca juga


2. Gunakan Botol Dengan Bentuk Menyerupai Puting

Setelah itu, kamu juga perlu untuk memperhatikan bentuk dot. Dot yang memiliki bentuk menyerupai puting akan meminimalisir bayi mengalami bingung puting. Saat sudah banyak dot dengan bentuk seperti payudara yang bisa kamu beli untuk anakmu.
 

source: http://www.babymothercare.com/prodimages/MMJU02


 


3. Berikan Susu Dalam Dot Dalam Dekapan Ibu

Jangan biarkan bayimu meminum air susu dalam dot begitu saja tanpa kamu dekap. Hal ini akan membuat bayimu lebih terbiasa dengan suasana menyusu langsung pada payudara. Dengan begitu, akan lebih kecil kemungkinan untuk bayi mengalami bingung puting.
 

source: https://mimijumi.com.au/


Nah, itulah beberapa tips untuk memberikan air susu dalam dot tanpa membuat bayi bingung puting. Semoga bermanfaat, ya!