Moms, suka bingung engga sih kasih camilan apa buat anak? Rata-rata kita pasti pengen nya anak makan camilan-camilan yang homemade yah soalnya kan lebih sehat. Tapi jujur aku pribadi kadang suka kehabisan ide loh mau kasih cemilan apa ke anak, hehe soalnya Gya termasuk  bosenan, jadi kadang aku kudu muter otak    mikir bikin cemilan apa lagi ya buat besok besok. Nah tapi kali ini aku mau share ni camilan-camilan homemade yang aku pernah bikinin buat Gya dan Gya doyan, bahkan disaat lagi susah makan dia pasti mau kalo ngemil ini. Apa aja camilan nya??? Ini diaaaaa 5 ide camilan homemade untuk anak :

1). PUDING OREO


Hmmm siapa sih yang ga suka puding?? Hehe tua muda semua pasti suka ya, lembut-lembutnya, manis-manisnya, bikin puding ini jadi camilan ataupun dessert yang disukai banyk orang. Salah satu puding yang enak dan gampang dibuat yaitu PUDING OREOOOO, cek resepnya yuk :

Bahan :

ℹ️ 1 bks agar-agar swallow plain

ℹ️ 450 ml susu UHT plain

ℹ️ 450 ml air matang

ℹ️ 1 bungkus oreo (sisakan 2 untuk hiasan)

ℹ️ gula sesuai selera

Cara membuat :

✅campur agar agar, gula, susu UHT, dan air, dalam panci.

✅masak dengan api kecil hingga mendidih. Lalu matikan kompor

✅tuang agar agar kedalam cetakan yang sudah diberi potongan oreo

✅tunggu hingga tidak panas, lalu masukan ke dalam kulkas.

✅sajikaaaan dingin

Nah ini camilan hanya bisa untuk anak diatas 1 tahun ya moms, soalnya pakai susu UHT kan. Gya pertama kali nyobain ini langsung doyaaaan hehe padahal aku ga kasih banyak gula nya, karena udah manis dari oreo nya. Yukk moms cobain bikin !!!


2). SEMPOL AYAM 


Kalo camilan yang satu ini, biasa nya ada yah di jajaran jajanan SD, hehe tapi kalo bikin di rumah pasti lebih enak dan lebih sehat dongs karena bisa banyakin ayamnya, kalo di jajanan SD banyakan tepungnya ya. Mommies pernah bikin engga di rumah? Kalo belum, ini resepnya yah gampang dan enaaaaakkkkk.

Bahan :

✅ 250 gr ayam giling

✅ 150 gr tepung tapioka (atau sesuai selera)

✅ 1 buah telur yampung

✅ 4 bh bawang putih dihaluskan

✅ garam

✅ lada bubuk

✅ kaldu bubuk non MSG/penyedap

✅ minyak goreng

✅ tusukan sate

Bahan pencelup : 1 bh telur dikocok lepas, beri sedikit kaldu ayam bubuk non msg.

Cara membuat :

✅ dalam sebuah wadah, campurkan ayam giling, tepung tapioka, telur, garam, baput halus, lada bubuk. Aduk adonan hingga rata.

✅olesi tangan dengan minyak goreng, lalu bentuk adonan dengan tusukan sate.

✅ lalu rebus adonan di air mendidih hingga matang.

✅ angkat, tiriskan

✅ setelah dingin, celupkan sempol ke kocokan telur lalu goreng dengan minyak panas hingga kecoklatan.

✅sajikaaaan🙌😍

Ini hasilnya bisa sampe 10-12 tusuk ya . Ini enak buat jadi camilan anak, pasti anak anak sukaaa. Yang paling penting sih menurut aku sempol ayam ini jauh lebih sehat ya moms dari sempol-sempol yang biasa dijual dipinggir jalan. Udah tau resepnya, ayo bikin moms!!! :) 


lanjut di catatan berikutnya ya moms...