Asisten rumah tangga (ART) atau pembantu memang berjasa bagi kemudahan mengurus rumah dan anak. Namun, jika Beautynesian memiliki sejumlah pertimbangan untuk tidak menggunakan jasa ART, seperti biayanya yang cukup mahal, masalah kepercayaan, atau tidak ingin jika sang anak diasuh oleh orang asing, kamu tidak perlu khawatir dengan pemikiran bahwa kamu tidak bisa mengurus rumah dan anak tanpa ART. Sebab, meski ART berperan penting, faktanya kamu mampu mengasuh anakmu tanpa bantuan ART. Inilah 6 tips mengasuh anak tanpa pembantu yang harus kamu coba! Check it out!

source: https://blogs.babycenter.com/mom_stories/i-love-you-and-your-kids-please-dont-ask-me-to-babysit/


Pahami Tingkat Kemampuanmu


Beautynesian perlu memahami tingkat kemampuanmu serta jangan berlaku terlalu keras dengan diri sendiri dengan memaksakan diri melakukan sesuatu di luar batas kemampuan. Hal ini akan menjauhkan dirimu dari lahirnya rasa stress dan frustasi akibat mengurus anak tanpa ART. Misalnya, kamu tidak sempat memasak makan malam untuk pasangan karena seharian merawat si kecil yang tiba-tiba demam.  Maka, kamu tidak boleh menyalahkan dan memaki diri sendiri karena tidak bisa menyiapkan makan malam yang sudah kamu janjikan sebelumnya. Cukup jelaskan kepada sang suami kondisi yang terjadi. Dijamin, suamimu pasti akan sangat memahami bahkan berterima kasih terhadapmu. Lagipula, kamu punya prioritas dan anakmu lebih penting dibandingkan menu makan malam, bukan? So, calm and praise yourself because you did good.

baca juga


Ajak Pasangan Turut Serta


Ajaklah pasanganmu untuk turut mengasuh si kecil. Kalian bisa saling membagi tugas atau mengasuh si kecil bersama-sama. Lagipula, keputusan untuk tidak menggunakan jasa ART pasti diputuskan secara bersama-sama bukan? Jadi asuhlah si kecil bersama-sama!


Ajari Si Kecil untuk Mandiri


Ketika si kecil sudah mulai memahami ucapanmu, ajarilah dia untuk menjadi anak yang mandiri secara pelan tapi pasti. Jangan terlalu dipaksakan dan ditekan, karena itu tidak akan baik bagi perkembangan mental si kecill. Menjadi mandiri akan sangat baik untuk perkembangan si kecil, serta bermanfaat pula bagimu. Misalnya, di saat si kecil sedang makan atau mandi sendiri, kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti mencuci piring atau membaca novel.

baca juga


Manfaatkan Waktu dan Keadaan dengan Baik


Mengasuh anak-anak tanpa pembantu memang menyita waktumu. Tetapi, kamu tetap memiliki waktu kosong lho, Beautynesian. Kamu memang akan sibuk di pagi dan malam hari. Tetapi pada siang dan sore hari, kamu memiliki waktu luang yang cukup, seperti saat anak-anakmu bermain, tidur siang, ataupun bersekolah. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga, seperti mengepel, menyapu, mencuci, atau sekedar merapikan rumah. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk istirahat dan menyegarkan pikiran, seperti menonton film, membaca buku, mendengarkan musik, berolahraga, memanggil tukang pijat, atau berkreasi dengan masakanmu. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk bekerja freelance seperti menulis, lho! Tidak hanya itu, kamu juga sebaiknya bisa memanfaatkan keadaan dengan baik. Misalnya, ketika orangtua atau mertuamu ingin bermain bersama cucunya, kamu bisa mengantarkan si kecil ke rumah mereka. Ketika si kecil diasuh oleh kakek-neneknya, kamu bisa hangout bersama teman-temanmu, belanja, atau melakukan kegiatan-kegiatan di luar rumah yang kamu inginkan. Yes, you should be an opportunist mom!


Buat Catatan dan Persiapan di Akhir Pekan


Pada hari Sabtu atau Minggu, buatlah catatan berisikan rencana rumah tangga selama 1 minggu kedepan, seperti jadwal kegiatan ataupun menu makanan yang diinginkan. Selain itu, kamu juga bisa memasak beberapa jenis makanan untuk beberapa hari atau seminggu kedepan kemudian menyimpannya di kulkas. Kamu cukup menghangatkan makanan tersebut dan menyajikannya kepada keluargamu atau mengemasnya sebagai bekal. Kedua hal ini akan sangat memudahkan hari-harimu, karena kamu mempunyai panduan dan tidak perlu repot memasak makanan dari awal.


Nikmati Setiap Momen


Kunci utama dalam mengasuh anak tanpa ART adalah menikmati setiap momen yang kamu alami, mulai dari yang menyenangkan hingga memusingkan. Jadikan itu sebagai pengalaman unik hidupmu, bukan sebagai beban berat yang harus kamu tanggung. Dan teruslah ingat bahwa dengan mengasuh sendiri anakmu, kamu mampu menyaksikan seluruh proses perkembangan si kecil yang tidak akan terulang dan menuntunnya untuk tumbuh menjadi anak yang baik. Just enjoy every moment, it’s a gift!


Good luck Beautynesian!

source: http://zetayarwood.com/7-parenting-habits-happy-children/