Kids jaman now ga pernah lepas dari gadget, ya aku termasuk sih yang ga bisa lepas dari gadget. Gadget itu udah kayak kebutuhan primer, dan rasanya kalo berjauhan dari gadget hati rasa gegana (gelisah galau merana) ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. Bangun tidur yang di cek pertama kali adalah gadget, hemm buat liat jam sih karena di kamar aku ga pasang jam dinding. Lalu ya berlanjut buka Instagram, buka facebook, cek flash sale di online mall dan cek whatsapp (fiuuhhh... ,๐Ÿ˜)

Tanpa aku sadari, Nafara memperhatikan kebiasaan ku ini. Dan dia kadang mulai merengek minta main gadget. "Pe.. pe.. pe.." sambil nunjuk-nunjuk HP mama nya. Dengan berat hati kadang aku kasih dia main itu sebentar, biasanya dia nonton youtube sih. Nah kalo di suruh udahan, dia ngamuk, bete, nangis guling guling. 
Gimana cara mengatasi nya?? Karena aku adalah ibu baru dengan pengetahuan yg minim, aku tarik nafas dalam dalam lalu hembuskan perlahan supaya bisa berpikir jernih dan ga tersulut emosi. Aku gendong fara menjauhkan dia dari gadget itu dan langsung mengalihkan perhatian nya dia ke objek lain. Misal nya lego, atau mainan nya dia yg lain. Kadang berhasil, kadang gak berhasil karena dia masih kekeuh pengen main gadget. 
Emang harus ekstra sabar sih ya karena kalo kita turutin terus aku takut berdampak negatif sama perkembangan dia. Ini aja sekarang nafara masih belum banyak kosa kata yang bisa dia ucapkan, jadi ngomong masih pake bahasa tubuh dan ucapan nya belum jelas. ๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘


(Ini kalo nafara ngambek gak di kasih gadget ๐Ÿ˜ช๐Ÿ˜ช, ngambek nya nungging ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚)

Tapi sebenernya ada bagus nya juga sih kalo nonton youtube, istilah nya "screen times". Asalkan kita dampingi mereka, ajak interaksi. 
"Wah fara, itu elmo nya warna apa ya. Oh warna merah ya. Ih itu elmo punya binatang peliharaan ya, apa itu nama binatang nya. Ikaannn yaa, lucu banget ikan nyaaa." Gitu, walaupun di cuekin yaudaa tetep aja ngoceh begitu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Eh tapi aku pernah sih lg ngomong gitu waktu fara lagi serius nonton elmo, terus dia nutup mulut aku pake tangannya dia itu seolah olah dia bilang "ma diem dehh bawel amat" ๐Ÿ˜ aduh naaakkk gitu amat. 
Oh iyaa Selain nonton youtube kan bisa juga maen games yang mengedukasi, mengenal abjad, mengenal bentuk, mengenal suara alat transportasi dan binatang. Karena main games mengenal suara fara jadi sering menirukan suara sepeda "kring kring", dan kucing "auu auu" ((meoww maksud nya ๐Ÿ˜‚))


(Serius amat nonton nya weyy ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚)


Tiap ibu beda cara mengatasi anak nya yang kecanduan gadget, kalo aku sih tarik ulur aja. Asal jangan di biarin seharian sibuk sendiri sama gadget, ajak interaksi waktu main gadget dan memberikan tontonan dan games yang mengedukasi. Pasti ada manfaat positif nya juga kok karena ya mereka hidup di era digital dimana gadget gak bisa terlepas dari kehidupan jadi, sebagai orang tua kita juga harus bijak menghadapi kids vs gadget ini hehehehhe. 

Kalo buibuk gimana nih pengalaman nya? Dan channel youtube apa sih yg bagus untuk anak anak? Terus games yang bagus untuk anak apa? Sharing yuk buibuk !