1. Ganti Posisi Saat Menyusui

Seperti diketahui, umumnya cegukan terjadi ketika bayi mengisap udara berlebihan pada saat ia menyusu. Nah, membuat bayi sendawa setelah menyusu merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan udara dari perut agar bayi terhindar dari risiko cegukan terlalu lama yang membuat ia merasa tidak nyaman. Caranya adalah mengganti posisi saat moms menyusui dari posisi awal agar udara dalam perut bayi keluar. Jika Si kecil masih cegukan, hentikan sejenak proses menyusui agar ia bisa mengambil napas sejenak dan tidak tersedak. 

Cuma 5 Menit, Ini Cara Mudah Atasi Bayi Cegukan
source: http://babyhintsandtips.com

2. Menepuk Lembut Punggung Bayi

Melihat bayi terus cegukan memang membuat kita tidak tega melihatnya karena ia akan merasa kesulitan bernapas. Caranya untuk meredakan cegukannya adalah gendong bayi dengan posisi seperti berdiri, letakkan kepalanya di pundak moms, lalu tepuk tepuk-tepuk lembut punggung bayi hingga ia bersendawa. Cara ini cukup ampuh lho moms untuk menghentikan cegukan Si kecil dengan cepat.

Cuma 5 Menit, Ini Cara Mudah Atasi Bayi Cegukan
source: https://www.cosmomom.net
baca juga

3. Telungkupkan Bayi

Untuk mengatasi bayi cegukan selanjutnya adalah dengan cara telungkupkan bayi di pangkuan moms dan pastikan posisi kepala lebih tinggi dari tubuhnya. Kemudian gosok-gosok lembut bagian punggungnya hingga bersendawa. Jika cegukan masih terjadi, tepuk-tepuk lembut bagian punggungnya dan kemudian gendong ia dalam posisi berdiri, sembari ditepuk-tepuk kembali bagian punggungnya ya, moms. 

Cuma 5 Menit, Ini Cara Mudah Atasi Bayi Cegukan
source: http://familyguideindonesia.com

4. Berikan ia ASI Secara Tenang

Terkadang ada bayi yang sudah sangat lapar atau haus ia terlalu semangat menghisap ASI sehingga membuat ia cegukan hingga tersedak. Nah, usahakan moms membuatnya menghisap dengan tenang agar udara yang masuk ke diafragma saat menghisap tidak banyak. Hentikan sementara kegiatan menyusui saat ia menghisap terlalu semangat untuk menghindari cegukan. Saat berhenti menyusu, selingi dengan mengusap-usap bagian perut agar Si kecil lebih tenang saat menyusu. 

Cuma 5 Menit, Ini Cara Mudah Atasi Bayi Cegukan
source: https://www.babybunting.com.au