Apa Itu Kontraksi Palsu?
Kontraksi palsu atau braxton hicks biasanya dialami oleh Ibu hamil saat usia kehamilannya memasuki trimester kedua atau ketiga. Kontraksi palsu terjadi umumnya agar moms tidak merasa kaget saat akan segera melahirkan. Nah, biasanya kontraksi palsu akan sering kamu alami saat mendekati persalinan.

Kontraksi palsu ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada perut yang kemudian menjalar ke tubuh bagian bawah. Kontraksi palsu terjadi biasanya disebabkan akibat menegangnya otot rahim yang membuat otot perut menjadi kencang dan bahkan terasa keras saat disentuh.
 

source: https://hellosehat.com/



Apa Faktor yang Menyebabkan Kontraksi Palsu?

  • Adanya pergerakan bayi di dalam rahim
  • Setelah berolahraga
  • Moms mengangkat beban yang terlalu berat
  • Dehidrasi
  • Setelah berhubungan intim dengan suami
source: https://cantik.tempo.co/
baca juga



Lalu, Apa Manfaatnya?
Banyak sekali Ibu hamil yang salah mengartikan kontraksi asli dengan palsu karena rasa yang dialami memang seakan segera melahirkan. Namun, pada beberapa Ibu hamil justru ada yang tidak mengalami sakit sama sekali saat mengalami kontraksi palsu. Tapi walaupun begitu tetap ada moms yang merasa tidak nyaman dari rasa sakit yang timbul.

Walaupun begitu, moms perlu tahu kalau ternyata Ibu hamil yang sering mengalami kontraksi hamil akan lebih mudah lho saat melahirkan. Kok bisa?

Hal itu dikarenakan, kontraksi palsu dapat melunakkan mulit rahim yang dapat melancarkan usaha moms saat mendorong bayi untuk melewati jalan lahir. Karena itu, selama kontraksi palsu tidak terasa terlalu mengganggu sebaiknya jangan panik ya moms dan anggap saja sebagai latihan untuk melahirkan.

Selain itu, moms juga tak perlu khawatir karena biasanya kontraksi palsu hanya terjadi pada beberapa menit sajakah kok. Support dari suami juga sangat penting lho moms untuk mengurangi rasa tak nyaman. Jadi jangan ragu untuk memberitahu apa yang moms rasakan ya.
 

source: https://www.vitamedmdrx.com